Mahasiswa KKN Kelompok 13 Masak Timphan Khas Aceh Bersama Warga

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 13 Masak Timphan Khas Aceh Bersama Warga. Minggu (26/6/2022). Foto; ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 13 Universitas Malikussaleh masak timphan kue khas Aceh bersama warga Gampong Blang Dalam Kecamatan Paya Bakong Kabupaten Aceh Utara, Minggu (26/6/2022).
Salah satu anggota  KKN Wilda Aprilia mengatakan, timphan adalah kue tradisional khas Aceh yang menjadi makanan raja pada masanya. Timphan terbuat dari tepung ketan atau tepung sagu dengan isian parutan kelapa atau srikaya (Asoe Kaya) yang dibungkus daun pisang muda.
“Kue timphan sudah menjadi warisan turun-temurun untuk itu kami ambil kegiatan ini sebagai silaturahmi melalui warisan kuliner nusantara bersama warga gampong dengan membudadayakan kuliner daerah. Sekarang ini masyarakat kebanyakan suka dengan sajian kue modern padahal kuliner daerah juga sangat enak dan banyak variasinya” paparnya.
Ketua PKK Gampong Blang Dalam mengatakan, kue timphan merupakan salah satu kuliner yang sering disajikan dalam acara-acara besar seperti syukuran, lebaran, dan cemilan di warung kopi. “Saya berharap remaja-remaja Gampong Blang Dalam bisa melestarikan kue timphan di era modern ini, walaupun sudah banyak jajanan modern namun jangan sampai kue khas Aceh menjadi punah” ungkapnya.
Sementara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 13 Deassy Siska M Sc Menyampaikan, Belajar membuat kue tradisional sangatlah penting bagi mahasiswa. kegiatan ini dilakukan mahasiswa KKN kelompok 13 selain untuk melestarikan kuliner nusantara juga memperkenalkan kue timphan kepada mahasiswa yang dari luar Aceh. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa luar Aceh untuk belajar membuatnya” imbuhnya.
Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 13 adalah Muhammd Fauzani (Pendidikan Fisika), Wardina Safira Putri ( Pendidikan Bahasa Indonesia), Wilda Aprilia (Teknik Arsitektur), Zahara (Pendidikan Kimia), Amira Nazila (Pendidikan Kimia), Winda Ayu F. Astuti (Pendidikan Matematika), Heris Kurniawan (Pendidikan Matematika), Muhammad Syuhada ( Pendidikan Vokasi Teknik Mesin), Teuku Johansah ( Teknik Sipil). [rky]


Kirim Komentar