Tingkatkan Minat Baca, Mahasiswa KKN-PPM 01 Budayakan Literasi Bagi Anak

SHARE:  

Humas Unimal
foto ist

 

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Dalam upaya meningkatkan minat dan budaya baca dikalangan anak-anak, Mahasiswa KKN-PPM kelompok 01 Universitas Malikussaleh Tahun 2022, mengadakan kegiatan literasi kepada anak-anak Gampong Keude Paya Bakong, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Minggu, (28/ 2022).

Kegiatan yang mengusung tema ?”Rumah Literasi” tersebut diikuti oleh 30 anak-anak yang digelar di posko KKN gampong setempat yang dimulai dari pukul 08:15 WIB sampai 10:15 WIb.

Yogi Nurliansyah Ketua Kelompok 01, mengatakan, kegiatan dimulai dengan membaca doa belajar, perkenalan serta membagi kelompok, kelompok dibagi menjadi 5, masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang dan di setiap kelompok ada 2 mahasiswa KKN yang mengarahkan kegiatan yang dijelaskan  oleh moderator.

Sebutnya, kegiatan belajar membaca dimulai dengan mengenal huruf abjad, baik huruf vokal maupun konsonan, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan bentuk huruf kecil maupun besar, dilanjut dengan mengeja kata dan kalimat, terakhir cara peulisan dan peletakan huruf kapital. Saat proses belajar berlangsung tidak luput dari kegembiraan anak-anak dalam belajar, tawa dan canda ikut serta menghiasi proses belajar mengajar tersebut.

Setelah moderator menjelaskan materi secara umum, dilanjut dengan masing-masing mahasiswa KKN yang tergabung dalam kelompok menjelaskan ulang materi secara lebih detail, mulai dari belajar mengenal huruf, mengeja kata dan kalimat serta membaca. Anak SD fokus dalam belajar membaca sedangkan anak SMP belajar analisis kalimat efektif yang baik dan benar.

“ Program desa binaan ini akan rutin dilaksanakan setiap hari nya, terlebih anak sekolah masih libur sekolah, jadwal nya mulai dari hari senin pelajaran bahasa Indonesia, selasa lari pagi, rabu kesenian serta kamis matematika,”katanya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 01 Rahmaniar, M.S.M, menambahkan, budaya baca harus ditanamkan sejak dini bagi generasi muda agar menjadi kebiasaan bagi generasi penerus bangsa untuk selalu berpikir kritis, dan memiliki kemampuan nalar dalam memilah informasi.

“Semoga dengan adanya kegiatan desa binaan ini anak-anak semakin antusias dalam belajar membaca dan menulis” harapnya. (mcL)

 


Kirim Komentar