Di Dataran Tinggi Takengon, Mayniar Albina Lubis Manfaatkan Biji Kopi Sebagai Pengharum Ruangan

SHARE:  

Humas Unimal
Mayniar Albina Lubis, mahasiswa KKN Kolaborasi bersama Ibu-ibu PKK Desa Bukit Iwih Tami Delem, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, Selasa (28/6/2022).

UNIMALNEWS | Takengon - Mayniar Albina Lubis, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kolaborasi dan Reguler dari Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam kelompok XXI – 260 manfaatkan biji Kopi sebagai pengharum ruangan.

Mayniar Albina Lubis yang menjalankan program KKN nya di Desa Bukit Iwih Tami Delem, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah ini mengatakan, terinspirasi untuk mengolah biji kopi yang sudah tidak layak dikonsumsi menjadi pengharum ruangan untuk bisa dipasarkan ke masyarakat luar dan menambah  nilai ekonomi masyarakat setempat.

“Selain untuk diminum, biji kopi juga dapat digunakan sebagai pengharum ruangan. Apalagi di dataran tinggi Takengon banyak masyarakat menanam kopi,” katanya kepada Unimalnews, Sabtu (2/7/2022).

Mayniar menyebutkan, manfaat dari aroma kopi membantu menghilangkan bau yang tidak sedap. Selain itu, keharumannya juga dapat memberikan efek relaksasi sehingga membuat anda merasa lebih tenang saat menghirupnya di rumah.

“Anda dapat membuat pengharum ruangan kopi ini dengan membungkus biji kopi dan juga bahan lainnya ke dalam goni coklat berjaring tipis, kemudian gantungkan pada setiap sudut ruangan di rumah, bisa juga diletakkan di mobil, dari wangi yang dikeluarkan itu pun dapat memicu perasaan tenang dan bahagia,” ungkap Mayniar yang merupakan mahasiswi KKN Kolaborasi dari Unimal yang dibimbing oleh oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ns.Farah Diba MScPH.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar