Mahasiswa KKN 05 Adakan Pengajian Rutin untuk Anak-Anak Tanjong Beurunyong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 05 Universitas Malikussaleh mengadakan pengajian rutin di Gampong Tanjong Beurunyong, Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, Sabtu (2/7/2022). Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 05 Universitas Malikussaleh mengadakan pengajian rutin di Gampong Tanjong Beurunyong, Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, Sabtu (2/7/2022).

Mahasiswa KKN yang tergabung dalam kelompok 5 di Gampong Tanjong Beurunyong beranggotakan M. Oriza Syahputra (Teknik Informatika), Muhammad Rinaldi (Teknik Mesin), Rizki Muliadin (Teknik Elektro), Arnold AP Pekey (Teknik Industri), Fatimah Rahmadhani (Pendidikan Matematika), Dinda Wulandari (Pendidikan Kimia), Hayatun Nufus (Pendidikan Matematika), Lailatul Amal (Pendidikan Bahasa Indonesia), Retno Cahyani (Teknik Arsitektur), dan Cici Rahmawati (Ilmu Komunikasi).

Ketua kelompok KKN 05, M. Oriza mengatakan, kegiatan pengajian rutin itu dilaksanakan bersama anak-anak setiap hari Senin sampai Sabtu di balai pengajian Gampong Tanjong Beurunyong. Pihaknya juga ikut mengontrol perkembangan dan pembelajaran dalam membaca Al-quran dan kegiatan yang dilakukan lainnya.

“Pendidikan agama bagi seorang anak sangat penting dan berguna bagi kehidupan mereka nantinya, dan merupakan amalan besar dalam menuntut ilmu agama,” katanya.

Guru pengajian Gampong Tanjong Beurunyong, Teungku Maulana mengatakan, pengajian yang dihadiri oleh kurang lebih 30 anak-anak. Dalam hal ini, kegiatan yang seperti mendidik anak-anak mengaji iqra, juz amma,serta Al-quran karena di tempat pengajian ini banyak anak-anak berusia 4 sampai 12 tahun.

“Kebanyakan dari kalangan anak-anak yang masih sekolah ditingkat TK dan SD. Selain dari kegiatan mengaji, anak-anak juga diajarkan hafalan surat pendek, azan, doa sehari-hari. Selain itu, anak-anak juga belajar tata cara sholat dengan benar,” ungkapnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 05, Fatimah MT  menyatakan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, karena ini ilmu yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa sendiri dan anak-anak yang mereka bimbing.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar