Mahasiswa KKN 19 Bantu Petani di Gampong Serdang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 19 Bantu Petani di Gampong Serdang

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN- PPM) kelompok 19 Universitas Malikussaleh ikut meninjau langsung kegiatan rutin sehari-hari di perkebunan salah satu penduduk Gampong Serdang Kecamatan Pirak  Timu, Aceh Utara, Senin (02/07/2022).

Ari Suhardi merupakan salah satu mahasiswa KKN-PPM K19 mengatakan, bahwa kegiatan yang kami lakukan berupa meninjau aktivitas sehari-hari warga di perkebunan, menanyakan keluh kesah apa saja yang dihadapi selama panen maupun saat musim menanam tanaman, sehingga pihaknya bisa menyiapkan metode untuk mengantisipasi sehingga kedepan adanya perubahan. 

“Selain itu, kami mahasiswa KKN K19 ikut membantu melakukan panen pohon sawit dan mengembangkan skill bercocok tanam, seperti menanam pohon sawit, ubi, jagung, cabe, serta membantu  menggarap ladang dengan menggunakan mesin jonder,” katanya.

pemilik Ladang, Tgk Him  menyampaikan, senang dengan kehadiran mahasiswa karena sudah ikut membantu dalam kegiatan bercocok tanam dan saling sharing dengannya, ungkapnya. Beliau merasa bahwa selama adanya mahasiswa KKN di desa membawa perubahan dan berharap besar kepada mahasiswa akan adanya inovasi atau ide-ide yg bisa dilakukan untuk perkebunan, lanjutnya.

Sementara itu, Dosen pembimbing lapangan (DPL), Hidayat MH menyebutkan, dengan hadirnya mahasiswa KKN semoga bisa membantu masyarakat yang memiliki profesi sebagai pekebun atau petani untuk membantu kegiatan masyarakat sehari-hari serta bisa membawa inovasi baru sehingga ada nilai positif yang ditinggalkan untuk masyarakat itu sendiri, imbuhnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 19 adalah Aji Liswandanu, Muhammad Ghazi Alfarisi, Ari Suhardi, Muhammad Arrazi, Okta Rahmayana, Sylda Adhitami Hasibuan,Rizka jadida Intan ayu Utami, Sri Widya Ningsih, dan Selly Monica.[tmi]


Kirim Komentar