Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Polinasi pada Pohon Induk Kelapa Sawit di PPKS Aek Pancur

SHARE:  

Humas Unimal
PKL di PPKS Aek Pancur, Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Polinasi Pohon Induk Kelapa Sawit. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Deli Serdang - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi 2019, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melaksanakan Praktek kerja Lapangan (PKL) di sejumlah daerah khususnya di perusahaan perkebunan sawit.

Salah seorang mahasiswa PKL, Dicky Andre Sitepu kepada Unimalnews, Kamis (4/8/2022) mengatakan, ia bersama empat kawannya ditempatkan di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS)  Aek Pancur Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, provinsi Sumatera Utara.

“Kami telah melakukan kegiatan polinasi pada pohon induk kelapa sawit di PPKS  Aek pancur Tanjung Morawa. Kegiatan tersebut dilakukan mulai dari pengamatan bunga betina, pembukusan bunga, penyerbukan serbuk jantan dengan berbagai varietas, varietas yang di serbuk antara lain yangambi, PPKS 540, Simalungun, avros, DxP Langkat,” jelasnya.

Lanjut Dicky, kemudian pembukaan bungkusan, dan pemanenan. penyerbukan dilakukan oleh bunga betina yang sudah memasuki masa anthesis atau dalam masa subur nya. Dalam melakukan polinasi polinator harus sangat hati-hati dan teliti dalam bekerja sebab jika dalam melakukan polinasi kita tidak hati-hati, maka bunga betina yang akan di polinasi akan mati atau terkontaminasi.

“Setelah buah yang dipanen akan dibawa ke persiapan benih untuk dijadikan benih yang unggul,” pungka Dicky.

Kegiatan tersebut dibimbing langsung oleh Rahmat Wahyudi sebagai Krani dan Edi Susanto sebagai mandor.  “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan varietas varietas kelapa sawit  yang unggul . Dalam satu tandan kelapa sawit bisa menghasilkan 1.300 - 2.000 benih dan PPKS menjual satu benih seharga Rp 8.000,” tambahnya.  

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa agroteknologi 2019 yaitu Dicky Andre Sitepu (Agronomi), Dimas Susilo (Agronomi), Negi Prianda Saragih (Agronomi), Elya Sazliana (Agronomi), dan Debi Aurida (Agronomi) yang dibimbing oleh dosen pembimbing, Dr Nilahayati MSi.[tmi]


Kirim Komentar