Mahasiswa Agroekoteknologi Ikuti Cara Pembibitan Fase PN dan MN di Perusahaan ANJ Agri Binanga

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa PKL Unimal Ikuti Cara Pembibitan Fase PN dan MN di PT ANJ Agri Binanga

UNIMALNEWS | Padang Lawas - Jainuddin Harahap, mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Praktek kerja Lapangan (PKL) di PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Agri Binanga Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Kepada Unimalnews, Kamis (11/8/2022), Jainuddin, mahasiswa bimbingan Dr Laila Nazirah ini mengatakan, ia saat ini sedang mengikuti kegiatan pembibitan fase Pree Nursery (PN) dan fase Main Nursery (MN) tanaman kelapa sawit di perkebunan tersebut.  Pembibitan fase PN merupakan tahap awal pada pembibitan tanaman kelapa sawit. Pada pembibitan fase PN diperlukan waktu tiga bulan dari proses kecambah, dan setelah tiga bulan sebelum dipindahkan ke polybag besar atau transplanting di seleksi mana yang tanaman normal dan abnormal untuk dilanjutkan ke fase Main nursery.

Ia juga menjelaskan, fase MN merupakan tahap pembibitan utama setelah PN yang dimana tanaman hasil dari seleksi PN dilanjutkan ke fase MN sebelum tanaman kelapa sawit siap untuk pindah tanam di perkebunan. 

“Kegiatan pembibitan PN dan MN PT ANJ Agri Binanga dilakukan oleh para karyawan borongan dan Borongan Harian Lepas (BHL) yang diawasi oleh asisten dan mandor. Saya berharap agar pada proses pembibitan dilakukan dengan baik, agar nantinya akan menghasilkan bibit bibit tanaman kelapa sawit yang unggul.” katanya.

Asisten pembibitan PT ANJ Agri Binanga Joel Tambunan menyebutkan, dalam pembudidayaan tanaman kelapa sawit, pembibitan merupakan tahap yang paling penting karena pada pembibitan akan dihasilkan bibit tanaman kelapa sawit yang unggul dan kunci utama dalam pembudidayaan.

“Karena jika bibit yang dihasilkan baik maka produksi yang dihasilkan akan baik juga,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar