Rakornas Kehumasan Mendorong Pendidikan Tinggi Unggul

SHARE:  

Humas Unimal
Teuku Kemal Fasya bersama kepala Kantor Humas, Protokoler, dan Promosi USU, Amalia Meutia pada kegiatan Rakor Kehumasan. Foto : Zulfa Ramadlan

UNIMALNEWS | Jakarta – Dirjen Diktiristek melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan di Jakarta, 11-13 Agustus 2022. Kegiatan ini mengambil tema “Membangun Humas Pendidikan Tinggi yang Unggul”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring untuk mengakomodasi peserta yang tidak bisa langsung hadir di Jakarta.

Kegiatan Rakor Kehumasan ini dibuka oleh Plt Sekretaris Dirjen Dikti, Kemendikbudristek, Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie. Dalam sambutannya Prof Tjitjik mengatakan Humas harus melakukan pola adaptasi di tengah perkembangan platform media yang telah cukup beragam.”Humas di lingkungan Mendikbudristek harus mampu membuat berita yang membangkitkan semangat dan inisiatif-inisiatif positif terhadap keberadaan lembaga kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut Prof Tjitjik juga menyebutkan bahwa Humas harus menjadikan kelompok milenial sebagai sasaran pembaca dan produk literasi Humas. Kelompok milenial sangat melek terhadap keberadaan media baru. Mereka bisa menjadi pendukung bagi produk literasi Humas yang  sesuai dengan karakter dan minat mereka. "Satu hari satu berita positif, termasuk yang bisa dipahami oleh kelompok milenial akan sangat memberikan dampak terhadap keberadaan Humas Pendidikan Tinggi", tambahnya.

Terakhir, Prof Tjitjik mengingatkan keberadaan Humas juga harus bisa mengambil jarak dari model informasi yang penuh hoaks dan gosip. Humas harus bisa mengklarifikasi dan memberikan informasi yang tepat bagi kesehatan informasi masyarakat, tentu dengan sikap adaptif dengan model platform media baru.

Pada kegiatan Rakor Kehumasan ini, Unimal turut dihadiri secara langsung oleh Kepala UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan Unimal, Teuku Kemal Fasya dan Pranata Humas Unimal, Zulfa Ramadlan. [tkf]


Kirim Komentar