Antropologi Unimal Serahkan Mahasiswa Magang Kepada 13 Instansi Secara Daring

SHARE:  

Humas Unimal
Antropologi Unimal Serahkan Mahasiswa Magang Kepada 13 Instansi Secara Daring

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh melakukan penyerahan 40 peserta mahasiswa magang kepada 13  instansi yang tersebar di Indonesia, Jumat (20/8?2020) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. 

Ketua Prodi Antropologi, Ade Ikhsan Kamil MA dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan magang merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa dalam rangka pemenuhan kompetensi profil lulusan. 

“Melalui magang mahasiswa dipertemukan dengan pengalaman dunia kerja yang sesungguhnya dan mempercepat adaptasi mahasiswa di dunia nyata,” katanya.

Ketua Jurusan Antropologi dan Sosiologi, Dr Abdullah Akhyar Nasution menyampaikan, paradigma kampus merdeka direspon oleh kampus secara khusus Prodi Antropologi dengan mengubah metode dan proses belajar. Sehingga saat magang, mahasiswa dituntut untuk mengenal kompetensi yang dia miliki kompatibel dengan instansi yang dilamar untuk menjadi tempat magang. 

“Sehingga dari awal mahasiswa diminta untuk proaktif mencari dan membangun hubungan dengan dunia usaha dan dunia industri yang akan menjadi tempat dia bekerja saat telah menjadi lulusan,” ungkapnya.

Perwakilan dari instansi penerima mahasiswa magang, Nurliana menyampaikan, mahasiswa Antropologi Unimal memiliki semangat dan kepribadian seperti Sultan Malikussaleh dahulu. Cerminan itu menurutnya, akan membawa peradaban Aceh dan Indonesia ke depan menjadi lebih maju, pulih cepat di masa pandemi dan bangkit lebih kuat.

“Insya Allah ananda dari Prodi Antropologi akan mendapatkan pengalaman belajar bekerja secara nyata,” ungkap Nurliana yang juga kepala Museum Samudera Pasai.

Semua mahasiswa magang itu akan ditempatkan di Subkor Penyuluhan Dinas Kebudayaan Kota Medan, BPS Aceh Tenggara,. Dinas Sosial Kabupaten Asahan, Dinas Sosial Kota Subulussalam, DPMK Aceh Tengah, Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur, Dinas Lingkungan Hidup Lhokseumawe, Museum Islam Samudra pasai Kabupaten Aceh Utara,.BPS Deli Serdang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bener Meriah, Kantor PNPM.MPD Kecamatan Permata, Kantor Camat Jangka, kantor Majelis Adat Gayo Bener Meriah, Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Panjang. [tmi]


Kirim Komentar