Lima Srikanda Unimal Kibarkan Merah Putih Tiga Puncak

SHARE:  

Humas Unimal
Aktivis pencinta alam Universitas Malikussaleh berhasil mengibarkan Merah Putih di tiga puncak Gunung Kapal di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah, baru-baru ini. Foto: Ist.

HARI ulang tahun Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus 2022 lalu dirayakan dengan dengan berbagai cara, baik di darat, laut, dan udara. Momen bersejarah itu diekspresikan sesuai dengan passion masing-masing, seperti yang ditunjukkan mahasiswa pencinta alam Universitas Malikussaleh.  

Delapan pencinta alam dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Malikussaleh, merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dengan mengibarkan bendera Merah Putih di tiga puncak gunung di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Ketiga puncak Gunung Kapal tersebut berada adalah Puncak 1 dengan ketinggian 2.781 mdpl, Puncak 2 dengan ketinggian 2.783 mdpl, dan Puncak 3 dengan ketinggian 2.782 mdpl.

Ketua Pencinta Alam Mahasiswa Universitas Malikussaleh, Riski Saputra dari Teknik Mesin, mengatakan  pengibaran bendera Merah Putih selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, sekaligus untuk eksplorasi dan konservasi kawasan serta tracking jalur Gunung Kapal. “Jadi, kami menggelar kegiatan yang juga bermanfaat bagi alam,” ujarnya, baru-baru ini.

Selain itu, ekspedisi ke Gunung Kapal menjadi simulasi pengaplikasian ilmu navigasi, survival, manajemen, serta menjalankan program pengurus divisi gunung hutan (mountaineering).

Dari delapan pendaki, lima di antaranya merupakan mahasiswi yang menjadi aktivis pencinta alam Umpal Universitas Malikussaleh. mereka adalah Nabilah Marwa (Prodi Psikologi) sebagai leader, Rahmatina (Prodi Ilmu Manajemen) sebagai gavigator, Safraul Ulya (Prodi Antropologi) sebagai co navigator, Namya Nainda dari Prodi  Antropologi sebagai medis,  dan Linda Maulina dari Prodi Manajemen sebagai sweaper.

Kelima srikandi lingkungan itu didampingi Riski Saputra, Muhammad Ryanda (Teknik Mesin), serta Joki Warman (Teknik Sipil).

Menurut Nabilah, ekspedisi berlangsung lancar dan relatif tidak ada hambatan. Salah satu tujuan dari ekspedisi ini untuk meningkatkan kapasitas anggota perempuan dalam pengetahuan kegiatan di alam terbuka. “Khususnya pendakian gunung,” ungkap Nabilah.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, 12 Agustus seluruh tim melakukan pelepasan di Sekretariat UKM PA Umpal di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe. Kemudian mereka bertolak ke Desa Kerajut, Seni Antara, Kecamatan Permata,  Kabupaten Bener Meriah yang merupakan titik start Ekspedisi Women Series UKM-PA Umpal.

Pada 14 Agustus 2022 pukul 14:34 WIB tim berhasil mencapai puncak Gunung Kapal melalui rute pendakian sekitar 7,08 kilometer dengan vegetasi yang masih rapat. Sepanjang jalur pendakian tim ekspedisi menemukan bunga edelweis dan sebagian didominasi hamparan  tanaman anggrek.

“Kami juga menemukan kotoran gajah dan rusa hutan. Sehari kemudian, kami telah turun ke Desa Linung Bulen  Dusun Rebol yang merupakan tujuan akhir  ekspedisi," lanjut  Nabilah.

Keberhasilan tim Ekspedisi Women Series UKM-PA Umpal mengibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Kapal, melengkapi peringatan HUT Kemerdekaan RI yang juga digelar di dasar laut dan di lapangan sepak bola Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng, mengapresiasi semangat mahasiswa yang berhasil mengibarkan Merah Putih di tiga puncak Gunung Kapal. “Peran mereka dalam ikut menjaga alam, menjadi kontribusi nyata yang bisa menginspirasi generasi muda lainnya,” ujarnya. [Ayi Jufridar]

Baca juga: ASN Unimal Antusias Ikuti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia

 

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar