Dosen FISIP Menjadi Narasumber Pelatihan Imeum dan Khatib se-Aceh

SHARE:  

Humas Unimal
Dr Nursanjaya sedang memberikan materi pada pelatihan imuem dan khatib di Karang Baru, Aceh Tamiang. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Kualasimpang – Dosen FISIP Dr Nursanjaya, SAg., MHUm menjadi narsumber pada pelatihan imuem dan khatib se-Aceh. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Karang Baru, Aceh Tamiang sejak 19 – 22 Agustus 2022. Dr Nursanjaya sendiri mengisi acara tersebut pada Minggu (21/8/2022).

Menurutnya kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas keilmuan dan kefaqihan Imeum dan Khatib. Pelaksana kegiatan ini adalah Dinas Syariat Islam Aceh melalui Bidang Penyuluhan Agama Islam dan Tenaga Dai, yang dimaksudkan agar selaras dengan tujuan pelaksanaan Syariat Islam, terutama untuk kegiatan yang bersifat wajib.

Nursanjaya sendiri mengisi materi tentang pendekatan dan pengembangan isi atau materi khutbah. Menurutnya ada beberapa langkah yang hendaknya dilakukan oleh khatib sebelum menyampaikan khutbah, yaitu 1) pertimbangkan tujuan khutbah yang akan disampaikan, 2) mengetahui batas pengetahuan atau wawasan jamaah sehingga mereka mudah mengerti, 3) tidak keluar dari bidang keahlian khatib sehingga khatib mengerti betul tentang apa yang disampaikan, 4) memahami kebutuhan dan minat jamaah, 5) brainstorming atau melatih kepekaan dalam berpikir 6) memanfaatkan momen dan isu terkini sesuai konteks dalil, dan 7) menentukan batas cakupan dan waktu berkhutbah.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari itu diikuti oleh 53 peserta yang berasal dari seluruh Aceh. Para pembicara lainnya yang ikut mengisi materi antara lain Dr Fikri Sulaiman, Lc, MA; Muzadi, SPdI; Dr Zulkarnain, MA, dll.

Kegiatan pelatihan itu juga diisi dengan model ceramah dan tanya jawab. [tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar