Ribuan Mahasiswa Baru Universitas Malikussaleh Ikuti PKKMB

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng meresmikan peserta PKKMB 2022. Foto: bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Sebanyak 4.733 mahasiswa baru Universitas Malikussaleh mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Kampus Bukit Indah, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.

Ketua Panitia PKKMB Unimal, Dr T Nazaruddin mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan dan melakukan koordinasi dengan panitia di tingkat Unimal, karena PKKMB tahun ini sesuai dengan arahan dari Dikti di koordinir oleh pimpinan bidang kemahasiswaan Universitas Malikussaleh, kemudian didukung oleh organisasi mahasiswa yang tergabung dalam perwakilan UKM dan BEM baik di tingkat universitas dan fakultas. Selain itu juga dilibatkan dari unsur dosen dan tendik.

“PKKMB tersebut dimulai hari ini 31 Agustus, kemudian tanggal 1-4 September 2022 yang dibagi dua lokasi yaitu di tingkat universitas dan fakultas. Tujuan dari PKKMB ini adalah untuk memberi pembekalan kepada mahasiswa baru dalam beradaptasi di lingkungan kampus dan juga memahami sistem pendidikan di pendidikan tinggi,” ungkap T Nazaruddin.

Sementara, Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng menyampaikan selamat datang kepada Sultan Muda Malikussaleh, dan ia meminta agar para mahasiswa baru bisa menjadikan kampus Unimal untuk lebih baik dengan pencapaian berbagai prestasi kedepannya. Saat ini Unimal memiliki 26 ribu lebih mahasiswa yang sedang melaksanakan pendidikan baik diploma, sarjana, dan magister.

“Saya berharap adik-adik nanti bisa meraih prestasi, apalagi saat ini Mentri kita Mas Nadiem telah meluncurkan program MBKM (Merdeka Belajar kampus Merdeka), jadi adik-adik tidak hanya belajar di Prodi pilihan, tetapi juga bisa belajar di Prodi lain,” ungkapnya.

Prof Herman menjelaskan, tagline UnimalHebat mempunyai makna yang luas. Hebat bukan hanya menjadi lembaga yang besar dan kuat. Hebat yang dimaksudkan adalah akronim.

“H (Hasil inovasi) yang diproyeksikan pada tahun 2045 saat Indonesia 100 tahun kemerdekaannya, kita akan menjadi negara keempat terbesar di dunia. Maka diharapkan kepada mahasiswa baru agar bisa melahirkan inovasi walau sekecil apapun.  Kemudian E (Etika ilmu), artinya kalau sudah menjadi mahasiswa, etika kita harus lebih baik ditambah lagi dengan ilmu yang dimiliki. B (Bangun reputasi akademisi) artinya hasil penelitian riset yang dilakukan itu dipublikasi dan itu akan sangat membantu akreditasi Prodi dan institusi menjadi unggul. A (Akademik Atmosfir) yang artinya kita berharap kepada para mahasiswa, dosen, dan tendik itu hari-harinya mendiskusikan hal-hal yang ilmiah yang bernuansa akademik. T (Teknologi informasi), hari ini kalau kita tidak menguasai teknologi khususnya teknologi informasi pasti akan tertinggal. Oleh karena itu saya mendorong Sultan Muda malikussaleh agar terbiasa dengan yang namanya teknologi informasi,” jela Prof Herman saat pembukaan kegiatan PKKMB Unimal tahun 2022.

Acara tersebut juga menghadirkan para narasumber dari berbagai instansi, untuk hari pertama narasumber yang menyampaikan materi yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik Unimal, Jullimursyida PhD tentang visi, misi, dan tujuan institusi. Kemudian pemahaman tentang pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika  yang disampaikan oleh Kasiter Korem 011/Lilawangsa, Letkol Kavaleri Mahyar.

Sedangkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh, Brigjen Pol Drs Heru Pranoto MSi memberi materi tentang pembinaan gerakan nasional anti narkoba. Untuk hari Kamis (31/8/2022) akan hadir pemateri yaitu Pj Bupati Aceh utara, Azwardi Abdullah MSi, dan pengenalan UKM yang ada di lingkungan kampus Unimal.[tmi]


Kirim Komentar