Mahasiswa PMM-2 Galang Dana untuk Korban Banjir di Aceh Utara

SHARE:  

Humas Unimal
Galang Dana untuk Korban Banjir Lhoksukon dan Matang Kuli

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Bertepatan hari Maulid Nabi besar Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah, sejumlah mahasiswa PMM-2 (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) Modul Nusantara  kelompok 4 “Beumeuhase” menggalang dana untuk membantu korban bencana banjir Lhoksukon dan Matang Kuli Aceh Utara Sabtu (8/10/2022).

Mahasiswa tersebut dibimbing oleh, Juni Ahyar MPd sebagai dosen Modul Nusantara dan dibantu oleh mentor, Rizky Amanda.

Juni Ahyar mengatakan, mahasiswa menggalang dana untuk membantu korban bencana banjir Lhoksukon dan Matang Kuli Aceh Utara itu dilakukan di seputaran taman Riyadhah dan Simpang Empat Kota Lhokseumawe. Aksi tersebut berlangsung selama satu hari.

“Kegiatan ini juga bagian dari salah satu modul kebhinekaan. Seluruh dana yang terkumpul nantinya akan diantar langsung ke para korban banjir yang ada di Lhoksukon dan Matang Kuli. Ini sebuah bentuk kepedulian kami bisa membantu para korban banjir,” kata Juni.

 

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara , banjir menyebabkan pemukiman warga tergenang dan merendam sekitar 230 hektare lahan persawahan di wilayah Aceh Utara. BPBD Kabupaten Aceh Utara berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk menangani dampak banjir serta mendata korban dan kerusakan akibat banjir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa wilayah Provinsi Aceh sudah memasuki musim penghujan dan minta warga waspadai kemungkinan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor saat hujan deras turun.

Menurut BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Utara, Simeulue, Aceh Singkil, Subulussalam, Sabang, Aceh Tamiang, Langsa, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Barat, dan Aceh Timur.[tmi]


Kirim Komentar