Persiapkan Mahasiswa menuju PIMNAS 2023, Prodi Psikologi Unimal Gelar Coaching Clinic

SHARE:  

Humas Unimal
Prodi Psikologi Universitas MAlikussaleh mengadakan coaching clinic persiapan menuju PIMNAS yang diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Meeting pada Sabtu (08/10/2022). Foto:Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dalam rangka menyiapkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (Unimal) melaksanakan Coaching Clinic yang berlangsung secara daring melalui  Zoom Meeting pada Sabtu (08/10/2022).

Adapun tema coaching clinic tersebut adalah “Persiapan PKM Menuju PIMNAS 2023- Think in Different Ways, Why Not?”. Kegiatan ini diisi oleh pemaparan materi oleh Triadi Imron Rosyadi, MPsi. Psikolog., yang merupakan peraih medali perak kategori presentasi poster pada PIMNAS ke-26.  Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sharing session yang dipandu Fathia SPsi, yang merupakan alumni Psikologi yang menjadi peserta pada PIMNAS ke-33.

 Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Unimal, dr. Anna Millizia, MKed (An) Sp An.  Dalam sambutannya ia berharap kegiatan ini bisa memicu lahirnya ide-ide kreatif dari mahasiswa Unimal, khususnya Fakultas Kedokteran. Selanjutnya ia berharap  akan banyak mahasiswa Unimal yang bisa lolos PIMNAS 2023 dan berhasil membawa pulang medali.

Dalam materi yang disampaikan, Triadi membagikan tips kepada para peserta yang hadir terkait skill yang dibutuhkan untuk melahirkan ide—ide cemerlang untuk proposal PKM.  “Adapun skill yang diperlukan adalah critical thinking, creative thinking, eksplorasi dan lateral thinking. Dengan memiliki keahlian ini, diharapkan peserta akan bisa menghasilkan proposal yang baik dan berpeluang besar terpilih,”ujar Triadi.

Selanjutnya Triadi memperkenalkan thinking tools yang dapat digunakan oleh para mahasiswa untuk menentukan judul proposal PKM yaitu The Bono Six Hat Thinking Tools. Lalu peserta diberikan kesempatan untuk melakukan role-play dan mengaplikasikan The Bono Six Hat Thinking Tools di dalam break-out room Zoom Meeting

Sementara itu, melalui sharing session, Fathia memotivasi para peserta dengan menceritakan pengalamannya berjuang menuju PIMNAS ke-33. Ia mengajak para peserta untuk terus berpacu mempersiapkan diri mengikuti kegiatan PKM dengan memaparkan benefit-benefit yang akan diperoleh dengan mengikuti ajang tahunan ini.

Dwi Iramadhani MPsi Psikolog selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini nantinya akan berlanjut dengan pembentukan komunitas-komunitas kecil di Fakultas Kedokteran. “Mahasiswa di Fakutas kedokteran telah dipilih untuk berperan menjadi mentor di masing-masing angkatannya. Mentor ini nantinya akan dilatih dan tentunya setelah paham akan melatih teman-temannya untuk menyusun proposal mereka,”terang Dwi.

Muhamad Yoga Pratama, mahasiswa Psikologi angkatan 2019 selaku koordinator komunitas menyambut baik inisiatif ini dan siap bertugas membantu mahasiswa Fakultas Kedokteran mencapai kesuksesan dalam mempersiapkan proposal PKM.

“Semoga akan semakin banyak kegiatan serupa yang diadakan di Universitas Malikussaleh, khususnya Program Studi Psikologi Universitas untuk meningkatkan kualitas mahasiswa sehingga mampu bersaing dalam perlombaan-perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional, atau bersaing di dunia kerja nantinya,"pungkasnya.[kur]


Kirim Komentar