Dosen Agroekoteknologi Unimal Buat Pelatihan Cara Pembuatan Pupuk Organik di Gampong Uteunkot

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Agroekoteknologi Unimal Buat Pelatihan Cara Pembuatan Pupuk Organik di Gampong Uteunkot

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian dengan mengadakan pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair yang Prospektif  di Gampong Uteunkot Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Minggu (16/10/2022).

Pengabdian tersebut dilaksanakan oleh Dr Laila Nazirah MP dengan tema “Penyuluhan dan Pembuatan Pupuk Organik Cair yang Prospektif Di Desa Uteunkot Lhokseumawe” yang juga dihadiri oleh Dr M. Nazaruddin  dosen Agroekoteknologi yang bertindak sebagai tim pelaksana, para mahasiswa, kelompok tani Dara Manis,  Sekdes serta ketua PKK gampong tersebut.

Dr Laila Nazirah mengatakan, ia mengajari kelompok tani agar memanfaatkan sampah organik rumah tangga sehari-hari untuk dijadikan pupuk organik cair supaya memberi nutrisi tanaman yang ada di pekarangan rumah masing-masing. 

“Dengan keterampilan pembuatan pupuk organic cair ini maka masyarakat akan kreatif dalam memanfaatkan pekarangan rumah mereka dengan tidak harus membeli pupuk kimia untuk menyuburkan tanah,” katanya.

Disamping itu, Laila menyebutkan, pupuk organik cair yang hasil pembuatan ini bisa dipasarkan atau dijual dalam skala yang kecil untuk menambah pendapatan masyarakat dan juga untuk memacu kelompok tani lainnya berkreatif membuat pupuk organik cair dengan memanfaatkan sumber bahan yang ada dengan metode yang sangat mudah.

“Kelompok tani Dara Manis Gampong Uteunkot sangat antusias dalam menyimak saat pelaksanaan kegiatan pengabdian ini,” ungkap Laila. 

Laila menambahkan, dari pengamatan di lapangan pengelolaan sampah di Desa Uteunkot  sudah baik, karena sudah melakukan pemisahan sampah organik dan anorganik. Namun untuk pemanfaatan limbah rumah tangga sebagai pupuk organik cair belum dilakukan.

“Maka untuk mengatasi masalah itu, kami melakukan pelatihan untuk masyarakat di Gampong Uteunkot yakni pelatihan pembuatan pupuk organik.  Harapan dari pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan untuk membuat pupuk organik bagi masyarakat di gampong itu,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar