Jaenal Abidin Bahas Dinamika Buruh di Kuliah Tamu Magister Sosiologi Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Tangkapan layar Zoom Meeting kuliah tamu Magister Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Magister Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh kembali mengadakan kuliah tamu dengan tema “Strategi Pemberdayaan Buruh dan Dinamika Perburuhan dalam Pembangunan” secara online melalui Zoom Meeting, Sabtu (22/10/2022).

Kuliah tamu (Visiting Lecturer) hari kedua ini mengundang narasumber dari Ilmu Administrasi Publik Universitas Medan Area yaitu  Jaenal Abidin PhD yang juga aktivis buruh. Moderator atau host dalam kegiatan ini adalah Kudussisara mahasiswi Prodi Antropologi Unimal.

Dosen Pengampu Mata Kuliah Teori dan Strategi Pemberdayaan Masyarakat di Magister Sosiologi, Dr Ibrahim Chalid MSi menyampaikan, kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa Program Magister Sosiologi yang mengambil mata kuliah Teori dan Strategi Pemberdayaan Masyarakat, juga diikuti oleh mahasiswa sarjana yang ada di lingkungan FISIP.

“Kemarin, Jumat (21/10/2022) kami telah berdiskusi banyak dengan dosen tamu dari Aktivis Articula dan mahasiswa S3 Antropologi FISIP Universitas Indonesia yaitu Dr (cand) Wina Khairina yang telah berbagi ilmu tentang strategi pengorganisasian dan pemberdayaan masyarakat berbasis data partisipatif,” katanya.

Lanjut Ibrahim, kegiatan kuliah tamu ini juga akan dilanjutkan pada Sabtu depan dengan mengundang Ketua Umum Serikat Petani Indonesia, Henri Saragih yang akan membuka ruang diskusi tentang strategi pemberdayaan petani dan kedaulatan pangan nasional.

“Semoga dengan adanya dosen tamu ini, mahasiswa bisa menyerap ilmu sambil berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan narasumber,” ungkapnya.

Ketua Program Studi Magister Sosiologi, Dr Suadi dalam sambutan nya menyampaikan, pada kesempatan ini mahasiswa diharapkan mampu membangun diskusi tentang bagaimana menjadi agen pemberdayaan masyarakat, dan juga mendiskusikan isu-isu buruh yang saat ini menjadi isu publik.

"Pada kesempatan yang baik ini saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan pemateri memberikan pencerahan kepada kita pagi ini. Dalam kuliah ini kita nanti bisa mendiskusikan isu-isu yang cukup penting terutama tentang bagaimana masyarakat itu diberdayakan, bagaimana memberdayakan diri kita, dan juga posisi buruh saat ini perlu didiskusikan karena tidak semua buruh itu pekerja, tapi ada juga pemilik modal," ungkapnya.

Kuliah tamu kali ini diikuti lebih dari 100 orang, baik dosen, mahasiswa yang ada di lingkungan FISIP.[tmi]


Kirim Komentar