Dosen Fisipol Unimal Gelar Pelatihan Membuat Kue Pala

SHARE:  

Humas Unimal
Demonstrasi cara membuat kue pala. (Foto ist)

UNIMALNEWS | Lhoksukon- Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Malikussaleh melatih masyarakat membuat kue pala di Pantai Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Minggu ( 23/10/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh General Manager PT. Pupuk Iskandar Muda, Zulfachri Akhir MT. Dalam sambutannya, Zulfachri menyampaikan tentang perlunya usaha kuliner terutama kue kering yang akhir-akhir ini begitu tinggi permintaan pasarnya, sehingga menjadi peluang usaha bagi masyarakat.

"Wisatawan yang berkunjung ke Aceh mencari makanan khas daerah tujuan wisata baik berupa kue atau lainnya. Pelatihan ini sangat diperlukan untuk menumbuhkan bisnis industri rumah tangga. Harapan kita, pelatihan ini dapat menjadi pendorong atau memotivasi masyarakat sekitar untuk berwirausaha", katanya.

Salah seorang dosen yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, Anismar MSi mengatakan bahwa kegiatan dimaksud perlu dilaksanakan karena akhir-akhir ini di Kabupaten Aceh Utara khususnya di Wilayah Kecamatan Sawang dan Nisam sudah berkembang pesat perkebunan pala sebagai bahan dasar membuat kue pala. Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak perekonomian keluarga", terang Anismar.

Sementara itu, pemateri pelatihan, Tgk. Zaiyadi, mendemonstrasikan cara mengolah kue pala dengan berbagai varian, yaitu varian kue pala kering dan varian kue pala basah dengan berbagai warna. Menurut Zaiyadi, bahan dasar dalam membuat kue pala tersebut terdiri dari buah pala, pewarna, cuka, air laut dan gula pasir.

Untuk memudahkan peserta pelatihan, pemateri menggunakan metode penjelasan langsung, diskusi, praktik langsung setiap kelompok peserta, dan metode evaluasi pada setiap peserta.

Selain Anismar, dua dosen Fisipol lainnya yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Dr Ainol Mardhiah dan Dr. Nursanjaya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya, yaitu pelatihan membuat ikan bandeng tanpa duri yang diikuti oleh 50 orang peserta dengan pemateri Tgk. Zaiyadi. (Mcl)


Kirim Komentar