Dosen Psikologi Unimal Gelar Psikoedukasi Pengenalan Gaya Belajar di Dayah

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan psikoedukasi pengenalan gaya belajar di Dayah Sirajul Muna Lhokseumawe pada Minggu (23/10/2022). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Tim dosen Program Studi  Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Dayah Sirajul Muna Lhokseumawe. Kegiatan ini berlangsung pada  Minggu(23/10/2022) yang diikuti oleh puluhan siswa dayah tersebut.

Tim yang terdiri dari Nur Afni Safarina MPsi, Safuwan MPsi, Cut Ita Zahara MPsi dan Ika Amalia MPsi melaksanakan kegiatan dengan tema Psikoedukasi Pengenalan Gaya Belajar Pada Siswa Dayah Sirajul Muna Lhokseumawe Ditinjau Berdasarkan Tipe Kepribadian untuk Mencapai Subjective Well Being Siswa yang Optimal”. Adapun yang menjadi pemateri pada kegiatan ini adalah Idar Sri Afriyanti Zebua MPsi, dosen pada Prodi Psikologi Unimal.

Dalam rilis yang dikirimkan kepada Unimalnews, Nur Afni Safarina yang sekaligus meruapakan ketua tim pengabdian mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar siswa mampu mengetahui gaya belajar apa yang efektif diterapkan sehingga mampu memikirkan strategi untuk ke depan. Berdasarkan data yang didapatkan, masih banyak siswa yang belum mengetahui gaya belajar mereka sendiri.

“Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan beberapa metode dimulai dari  penyampaian yaitu ceramah berupa penyampaian materi, diskusi berupa tanya jawab, ice breakinghingga lembar kerja agar siswa dapat langsung mengetahui gaya belajar apa yang mereka miliki”, terang Nur Afni.

Idar Sri Afriyanti selaku pemateri memaparkan bahwa psikoedukasi ini tentu sangat penting bagi seluruh pelajar yang yang mungkin sampai saat ini merasa kesusahan dengan materi yang diterima, merasa selalu lambat dalam menerima informasi yang diberikan oleh guru. Dengan adanya psikoedukasi  ini diharapkan mampu mempermudah para siswa bisa menangkap ilmu yang diterima dan mampu mengembangkan potensi diri  sesuai dengan kepribadian individu.

“Mengetahui gaya belajar merupakan salah satu aspek penunjang kesuksesan individu sehingga siswa menjadi lebih percaya diri dan lebih mampu meningkatkan potensi diri yang mereka miliki”, ungkapnya.

Acara ini ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis yang diterima oleh Kepala Sekolah Dayah Sirajul Muna, Muhammad Walidin SSos. [kur]

 

 

 

 

 


Kirim Komentar