Dosen Psikologi Unimal Beri Psikoedukasi Tingkatkan Karakter Respect Kepada Siswa SMK

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Psikologi Unimal Beri Psikoedukasi Tingkatkan Karakter Respect Kepada Siswa SMK

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Program Studi  Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan pengabdian berupa Psikoedukasi di SMK Negeri 5 Lhokseumawe, Sabtu (29/10/2022).

Dosen Psikologi yang melakukan pengabdian tersebut ialah Yara Andita Anastasya MPsi Psikolog yang dibantu oleh dua mahasiswa Prodi Psikologi yaitu Zainita Nanda Rizqi dan Julianti.

Yara menyebutkan, kegiatan pengabdian ini mengusung tema "Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Karakter Respect (Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain) yang mendapat sambutan baik dari pihak sekolah, dan para siswa. Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan agar kedepannya para siswa lebih bisa menghargai dirinya sendiri dan kemudian dapat lebih menghargai orang lain.

“Tema pengabdian kali ini diangkat berdasarkan data di lapangan yang ditemukan oleh guru bahwa siswa terlihat kurang menghargai dirinya, guru, dan teman lain ketika berada di sekolah,” katanya.

Yara menjelaskan, kegiatan pengabdian dilakukan dengan berbagai metode penyampaian yaitu psikoedukasi berupa penyampaian materi, diskusi tanya jawab oleh pemateri dan siswa, pemberian pre-test dan post-test hingga lembar evaluasi oleh siswa. Beberapa siswa juga diminta untuk menceritakan pengalaman terkait perilaku respect yang mereka alami.

“Saya harap dengan adanya psikoedukasi ini dapat mempermudah siswa dalam memahami apa itu respect beserta manfaatnya, dan bagaimana cara menerapkan sikap respect dalam kehidupan sehari-hari yang dimulai dari diri sendiri dan orang lain,” pungkas Yara Andita.[tmi]


Kirim Komentar