Hadirkan Prof Sadono Sukirno, Jurusan Ekonomi Pembangunan Unimal Gelar kuliah Umum

SHARE:  

Humas Unimal
Hadirkan Prof Sadono Sukirno, Ekonomi Pembangunan Unimal Gelar kuliah Umum

UNIMALNEWS | Lhokseumawe -  Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh melaksanakan kuliah umum tentang prinsip-prinsip ekonomi "Teori Dasar Dalam Mikro dan Makro Ekonomi" yang berlangsung di Aula Cut Meutia, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Senin (31/10/2022).

Kuliah umum menghadirkan pakar ekonomi Prof Sadono Sukirno, guru besar dan penulis buku 'Prinsip-Prinsip Ekonomi" dalam bidang ekonomi pembangunan, analisis dan teori dasar dalam ilmu ekonomi dibedakan kepada dua bidang studi yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Juga hadir dalam kulia umum ini Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  Dr Hendra Raza, para kajur, Kaprodi, dosen, dan ratusan mahasiswa.

Ketua jurusan Ekonomi Pembangunan,  Dr Murtala  mengatakan, tujuan kegiatan kuliah umum ini dengan mengundang pakar ekonomi adalah memperkenalkan teori dasar dalam belajar ekonomi kepada mahasiswa, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap fenomena ekonomi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan kapabilitas mereka dalam menyikapi berbagai permasalahan ekonomi yang ada.

“Alhamdulillah, kegiatan kuliah umum ini  dihadiri lebih kurang 120  peserta dari mahasiswa, semoga bisa menyerap ilmu apa yang disampaikan pemateri nantinya,” ungkapnya.

Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan, Mutia Rahmah MSi menyampaikan, untuk membangun jaringan dengan berbagai lembaga guna meningkatkan mutu lulusan mahasiswa yang unggul salah satunya dengan mendatangkan pakar dalam kegiatan kuliah umum, di mana pada kesempatan kali ini pemateri menyampaikan berbagai kebijakan baru yang berkaitan dengan ilmu ekonomi, salah satunya kebijakan mikro ekonomi.

“Hal ini didasari oleh kegiatan manusia dari beranjak bangun tidur hingga kembali istirahat selalu berkaitan dengan kegiatan ekonomi,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Prof. Sadono Sukirno menyampaikan, berbagai tulisan yang telah dinikmati oleh berbagai kalangan mahasiswa, dosen, dan umum adalah bagian dari perjalanan kehidupannya secara nyata, sehingga teori yang disampaikan berdasarkan fakta yang ada.

“Setiap aspek dalam ilmu ekonomi saling melengkapi dan seluruh kegiatan kehidupan manusia selalu berkaitan dengan ekonomi. Secara makro, pemerintah hendaknya memberikan dukungan terhadap sistem pasar agar tertata dengan baik dan mendekati harapan,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar