Dosen Unimal Sosialisasi Produktivitas Udang Melalui Pemberian Pakan Secara Otomatis

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Sosialisasi Produktivitas Udang Melalui Pemberian Pakan Secara Otomatis

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Tim Pengabdian Universitas Malikussaleh laksanakan sosialisasi kepada masyarakat dengan tema peningkatan kualitas produktivitas panen udang melalui pemberian pakan udang secara otomatis di Gampong Meunasah Aron Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, Minggu, (30/10/2022).

Sosialisasi terkait peningkatan kualitas produktivitas panen udang melalui pemberian pakan udang secara otomatis bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus pengenalan alat pemberian pakan otomatis. Alat otomatis tersebut dapat diatur sesuai dengan waktu dan banyaknya pakan yang diberikan kepada udang. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Geuchik Gampong Meunasah Aron, Mahyuddin Usman.

Pada kesempatan tersebut, Mahyuddin Usman menyampaikan, sosialisasi peningkatan kualitas produktivitas panen udang melalui pemberian pakan udang secara otomatis sangat bermanfaat bagi masyarakat Gampong Meunasah Aron. Sekarang masyarakat sudah tahu adanya alat pemberian pakan secara otomatis sehingga lebih mudah untuk mengontrol jadwal pemberian pakan.

“Selain itu, alat tersebut juga nantinya kalau boleh dilanjutkan lagi dengan penggunaan pada tanaman, misalnya penyiraman otomatis pada tumbuhan palawija seperti kacang panjang dan lain-lain. Dengan demikian sudah lebih memudahkan masyarakat dalam bekerja,” katanya.

Ketua Kelompok Tani Gampong Meunasah Aron, Tgk. Mulyadi menyampaikan, pentingnya tindak lanjut dalam kegiatan sosialisasi peningkatan kualitas produktivitas panen udang melalui pemberian pakan udang secara otomatis melalui pelatihan-pelatihan sehingga ada kelompok masyarakat mendapatkan pengetahuan cara membuat alat otomatis tersebut.

“Kedepan kita perlu dibuatkan pelatihan kepada pemuda-pemuda Gampong Meunasah Aron untuk melatih membuatkan alat pemberian pakan otomatis sehingga mereka sudah bisa membuat sendiri yang tidak lagi tergantung sama tim pengabdian Unimal,” ungkapnya.

Ketua Pengabdian, Raihan Putri MEng menyampaikan materi terkait peningkatan kualitas produktivitas panen udang melalui pemberian pakan udang secara otomatis. Tujuan utama kegiatan sosialisasi ini untuk memperkenalkan teknologi tepat guna alat pemberi pakan otomatis. Jika kegiatan sosialisasi ini berhasil, maka akan sangat bermanfaat bagi petani tambak dalam merubah paradigma pemberian pakan udang yang selama ini berlangsung.  Sehingga para petani tambak udang lebih bersemangat dalam mengelola tambang udang yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Petani tambak mampu memahami untuk mengerjakan media pemberi pakan udang secara otomatis yang efisien, terukur dan tepat waktu dengan menggunakan media pemberi pakan udang secara otomatis sehingga mempermudah bagi petani dalam pemberian pakan udang,” pungkasnya.

Tim pengabdian tersebut terdiri dari, Raihan Putri MEng. Asran MT, Dr Arnawan Hasibuan, Dr Faisal, dan Saifannur, mahasiswa, serta dihadiri oleh Geuchik, beserta aparatur gampong, Ketua Pemuda, petani tambak dan sejumlah masyarakat. [tmi]


Kirim Komentar