Akademisi  Unimal  Ajak Pemuda Bangun Bisnis Ciptakan Lapangan Kerja

SHARE:  

Humas Unimal
foto istimewa

 

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Malikussaleh, mengajak pemuda dan mahasiswa untuk membangun  bisnis sebagai upaya menciptakan lapangan kerja dimasa depan.

Tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Kamaruddin Hasan S. Sos., M. Si yang bertemakan “Workshop Start Up Enterpreunuer Bisnis Pemuda dan Mahasiswa Gampong Uteunkot Kota Lhokseumawe” tersebut digelar di Cafe Country Lido Graha, Selasa malam (1/11/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan pemuda dan mahasiswa pelaku bisnis pemula itu, diisi oleh dosen Ilmu Komunikasi Muchlis. M. Sos dan Kamaruddin. M. Si serta turut menghadirkan alumni Universitas Malikusaleh yang sekarang menjadi pengusaha sukses di Aceh. yakni Azhari ST., MM.

Dalam paparan materinya, Muchlis, M. Sos, menyampaikan tentang strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu upaya meningkatkan pemasaran.

Sebutnya, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan didalam melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial dan juga layanan yang bagus, katanya.

Sementara itu, Kamaruddin Hasan menyampaikan bahwa komunikasi memainkan peran penting dalam sebuah aktivitas usaha karena berkaitan dengan minat dan daya tarik calon konsumen.

Oleh karena itu menurutnya, kemampuan mengaplikasikan komunikasi perlu diterapkan dalam berbagai aktivitas usaha karena memainkan peran penting didalam meraih kesuksesan, ujarnya.

Sedangkan Azhari MM yang merupakan salah satu role model pelaku bisnis yang sukses, membagikan tips menjadi pengusaha sukses. Menurutnya, untuk menjadi pengusaha sukses pada awalanya adalah dengan membentuk mindset dan cara berpikir bahwa kita mampu melakukan.

Selain daripada itu juga harus ditanam sikap dan rasa percaya diri, serta selalu belajar dengan melihat peluang usaha yang bisa dilakukan. Karena menurutnya hal yang perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis adalah kemauan dan selalu belajar untuk bisa, kata Azhari memberikan motivasi kepada peserta.

Kegiatan berlangsung dengan antusias yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan kepada pemateri tentang strategi bisnis dan juga bagaimana membangun bisnis yang baik dan kuat. (mcl)

 

 


Kirim Komentar