Wakili 10 Universitas Program Magang di PT Timah Tbk, Ini Pesan Kepala UPT BKK Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Bimbingan Karier dan Kewirausahaan Universitas Malikussaleh, Dr Sulaiman, memberi sambutan atas nama 10 universitas di Jawa dan Sumatera dalam pembukaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 2 tahun 2022 di PT Timah Tbk. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Bimbingan Karier dan Kewirausahaan Universitas Malikussaleh, Dr Sulaiman, memberi sambutan atas nama 10 universitas di Jawa dan Sumatera yang mengirimkan mahasiswanya mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 2 tahun 2022 di PT Timah Tbk, periode November 2022-April 2023. Sulaiman menyampaikan beberapa hal penting kepada mahasiswa magang dari berbagai perguruan tinggi, terbanyak berasal dari Universitas Malikussaleh.

Ia mengingatkan 23 peserta magang dari 10 perguruan tinggi agar selalu mengikuti aturan yang berlaku di PT Timah. Ia mengharapkan mahasiswa memegang amanah, penuh semangat, menjaga akhlak, serta mampu bekerja sama dan bertanggung jawab dengan pekerjaan yang menjadi bidang programnya.

“Kepada unsur pimpinan PT Timah, kami mohon membimbing anak-anak kami. Semoga dalam pencapaian program magang tersebut memperoleh sertifikat kompetensi,” harap Sulaiman dalam acara yang berlangsung secara daring dan luring, Rabu (2/11/2022).

Dalam mengikuti program tersebut, mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan kompetensi bidang (posisi) selama enam bulan. Peserta magang akan mengikuti uji kompetensi sesuai dengan bidang pada akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional (LSPN).

Kepala Divisi Pembelajaran dan Pengembangan SDM PT Timah, Hikmat Slamet, mengatakan program magang yang sudah terlaksana tiga bidang terdiri dari Magang Prakerin tingkat SMK, Magang Mandiri untuk mahasiswa, dan PMMB di bawah Koordinasi Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dengan mitra Perguruan Tingi serta akan dibuka Program Magang Bersertikat Kampus Merdeka (MBKM).

Bidang-Bidang yang ditempatkan mahasiswa magang sesuai dengan disiplin ilmu, di antaranya Unit Produksi Laut Bangka, Unit Produksi Darat Bangka, Sumber Daya Manusia, Sekretaris Perusahaan, Divisi Teknologi Informasi, Divisi Pembelajaran dan Pengembangan SDM, Divisi Pengembangan Bisnis, Divisi Keuangan, Divisi K3LH, dan Divisi Akuntansi.

Direktur SDM PT Timah Tbk,  Yennita, mengingatkan mahasiswa magang untuk mengindahkan segala ketentuan yang berlaku di perusahaan. Dalam pelaksanaan magang tersebut ditunjuk pembimbing untuk mengarahkan mahasiswa magang. “Kepada seluruh universitas yang sudah bermitra dengan perusahaan kami, semoga hubungan tersebut terus ditingkatkan untuk kepentingan bersama dengan tujuan mencetak yang unggul,” ujar Yennita.

Adapun 23 mahasiswa magang di PT Timah Tbk beradal 10 perguruan tinggi yang berasal dari Universitas Malikussaleh sebanyak 6 peserta, yakni Riski Aulia dan Ayu Mifta dari Prodi Ilmu Komunikasi, Nov Rayyan Laia dari Prodi Administrasi Negara, Eva Arisyah Putri dari Prodi Teknik Informatika, Risky Aditya dari Prodi Teknik Mesin, dan Muhammad Jul Ashari dari Prodi Teknik Elektro. Keenam mahasiswa tersebut ditempatkan di berbagai divisi sesuai keahlian mulai dari sekretaris perusahaan sampai ke unit produksi laut.

Selain Universitas Malikussaleh, mahasiswa magang di PT Timah Tbk berasal dari Universitas Padjajaran, UniSadhuguna Business School, UBR, Politeknik Negeri Lhokseumawe, ITS, UNY, dan Universitas Bina Darma Palembang.

Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra, Asean Eng, memberikan apresiasi kepada PT Timah yang terus berkomitmen mendukung peningkatan program magang mahasiswa, termasuk dari Universitas Malikussaleh. “Dukungan ini sebagai bukti tanggung jawab perusahaan dalam mendukung lahirnya generasi unggul di masa mendatang,” ujar Herman dalam kesempatan terpisah.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ini untuk  menjawab tantangan sumber daya manussia di masa mendatang. Program ini menciptakan SDM unggul dengan kompetensi mumpuni dan berdaya saing global.

Tujuan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat untuk menghadirkan sinergitas antara BUMN dengan lembaga pendidikan, melahirkan calon sumber daya manusia di BUMN, menciptakan SDM berjiwa keiwrausahaan, serta adanya peran BUMN dalam mencerdaskan anak bangsa. [ayi]

Baca juga: UPT BKK Gelar Bootcamp Pembekalan Mahasiswa Magang


Kirim Komentar