Mahasiswa KKN 60 Bersihkan Sejumlah Tempat Umum di Gampong Bale

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 60 Universitas Malikussaleh melakukan gotong royong di sejumlah tempat umum di Gampong Bale, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Kamis (04/11/2022).

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 60 Universitas Malikussaleh melakukan gotong royong di sejumlah tempat umum di Gampong Bale, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Jumat (04/11/2022).

Tim Media Kreatif dari Kelompok KKN 60, Ade Prianggi mengatakan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan ini seminggu sekali dengan lokasi meunasah Gampong Bale. Peugleh-peugleh dalam bahasa Aceh yang artinya bersih-bersih. Memiliki tujuan agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat gampong mengenai kebersihan lingkungan, apalagi tempat ibadah. Para mahasiswa itu terdiri dari 14 orang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.

“Untuk hari ketiga ini kami langsung menjalankan program “Peugleh-peugleh bareng kelompok 60” dengan mengadakan bersih-bersih tempat ibadah dan lingkungan sekitar di Gampong Bale. Masyarakat sangat senang dengan program kedua dari kami. Apalagi di gampong tersebut belum ada tempat pembuangan sampah dengan adanya program ini akan menjadikan pacuan semangat masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungan. menerima dan mendukung setiap kegiatan yang kami lakukan,” katanya.

Ketua Kelompok 60, Alif Sadewo menyampaikan, Peugleh-peugleh ini sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh dan biasa kita kenal dengan sebutan gotong royong.

“Semoga kegiatan peugleh-peugleh ini akan menjadi program unggulan kedua dan bisa diterapkan oleh masyarakat di Gampong Bale. Jika lingkungan bersih maka semua masyarakat yang tinggal di daerah tersebut akan nyaman dan tenang,” ungkapnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Lidya Rosnita MKom meminta kepada mahasiswa bimbingannya untuk tetap menjaga norma dan adat istiadat gampong tersebut. “Saya juga berharap untuk mahasiswa KKN ini bisa melaksanakan program yang fokusnya untuk pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar