Mahasiswa KKN 23 Peringati HCPS Bersama Ana-Anak Paud di Krueng Manyang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Peringati HCPS Bersama Ana-Anak Paud di Krueng Manyang

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  kelompok 23 Universitas Malikussaleh yang berada di  Gampong Krueng Manyang Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Kamis (3/11/2022) peringati Hari Cinta Puspa dan Satwa (HCPS) 2022 bersama anak-anak Paud Harapan Ibu.

 

Salah satu anggota tim KKN-PPM Gampong Krueng Manyang, Nurhafiza Batu Bara  mengatakan, HCPSN diperingati pada 5 November sesuai dengan Keppres No.4 Tahun 1993 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto. Tujuan ditetapkannya tanggal ini sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional agar masyarakat dapat meningkatkan kepedulian, perlindungan, dan pelestarian puspa dan satwa nasional.

“Peringatan HCPS ini bentuk kegiatannya adalah mewarnai hewan seperti gajah, jerapah, singa, koala dan lain-lain yang diikuti oleh 16 siswa Paud Harapan Ibu yang ada di Gampong Krueng Manyang," katanya.

Dosen pembimbing Lapangan (DPL), Syahrial menyampaikan, saat ini sudah banyak spesies makhluk hidup yang kita kenal, seperti orang utan sumatera, gajah sumatera, dan penyu sisik digolongkan sebagai hewan yang terancam punah dengan arti lainnya adalah hewan-hewan ini berada pada risiko kepunahan yang sangat tinggi di alam. 

“Punahnya makhluk hidup, penyebabnya secara umumnya adalah akibat ulah manusia seperti adanya pembabatan hutan yang sering dilakukan sehingga habitat hewan-hewan tersebut menjadi hilang, kemudian juga disebabkan adanya pencemaran lingkungan yang mana hewan maupun tumbuhan yang ada di lokasi tercemar tersebut tidak dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri sehingga menyebabkan kematian massal,” ungkapnya.

Syahrial berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas anak-anak Gampong Krueng Manyang dan di sisi lainnya untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk lebih mengenal hewan-hewan yang ada di muka bumi khususnya di Indonesia, sehingga kedepannya hewan-hewan tersebut dapat dijaga dan dilestarikan serta tidak terjadi kepunahan di muka bumi.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar