Kalaborasi dengan Kagama, Unimal Adakan Pengabdian di Aceh Tengah

SHARE:  

Humas Unimal
Pose bersama sebelum melakukan penanaman 60 batang pohon mahoni di tepi pantai laut tawar . Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Takengon - Universitas Malikussaleh bersama Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Lhokseumawe Raya melaksanakan pengabdian penyuluhan Stunting dan kebersihan lingkungan di Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (6/11/2022).

Selain itu, kolaborasi pengabdian itu juga dilakukan sunatan massal untuk 15 orang anak kurang mampu di Aceh Tengah yang dibantu oleh tim medis dari fakultas kedokteran Unimal dan Aceh Medical Team. Kemudian dilakukan penanaman pohon Mahoni di seputaran laut tawar.

Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar yang diwakili oleh Kepala Dinas Inspektorat, Aulia Putra MSi mengatakan, kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan tali silaturahmi dalam bentuk kepedulian terhadap anak-anak di wilayah Aceh Tengah.

"Kegiatan sunat massal ini sangat mulia, dan kami sangat berterima kasih kepada Unimal dan Kagama Lhokseumawe Raya," katanya.

Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Herman Fithra Asean Eng menyampaikan, kegiatan hari ini merupakan tanggung jawab Unimal sebagai salah satu perguruan tinggi yang ada di Aceh. Ada tiga kegiatan yang dilakukan oleh Unimal yang berkeloborasi dengan Kagama Lhokseumawe Raya, yang pertama yaitu Sunat massal. Setelah proses sunat itu selesai, pada Jumat mendatang akan ada tim dari Unimal juga akan melihat kondisi anak-anak yang telah disunat hari ini.

"Jadi anak-anak jangan khawatir, nanti ada tim dokter dari Unimal yang akan melihat proses penyembuhannya," ungkapnya.

Untuk kegiatan kedua adalah sosialisasi dan penyuluhan tentang stunting dan kebersihan lingkungan, dan yang ketiga pihaknya akan melakukan penghijauan dengan menanam sekitar 60 batang pohon mahoni di tepi pantai laut tawar kecamatan Bintang.

"Kami meminta bantuan dari pak camat semoga nanti ada petugas yang mengecek dilokasi, jika ada pohon yang mati maka akan kami gantikan dan menanamnya kembali. Sekarang model penanamannya itu bukan cuma ditanam tapi kita pastikan yang ditanam itu tumbuh," pungkas Prof Herman Fithra yang juga sebagai ketua umum Kagama Lhokseumawe Raya.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Camat Bintang, Erfan MAP, Kepala Desa, dan sejumlah masyarakat setempat yang ikut dalam sosialisasi penyuluhan Stunting.[tmi]


Kirim Komentar