Mahasiswa KKN 50 Sosialisasi Buta Aksara Kepada Siswa SD Negeri 6 Simpang Keramat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 50 Sosialisasi Buta Aksara Kepada Siswa SD Negeri 6 Simpang Keramat

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 50 Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi buta aksara untuk siswa SD Negeri 6 Simpang Keramat, Aceh utara berlangsung Sabtu (5 /11/ 2022).

Ketua Kelompok KKN, Muhammad Ade Nasrullah mengatakan, program pengabdian ini dilaksanakan setiap Selasa dan Sabtu. Tujuannya agar siswa terbebas dari buta huruf. Diketahui banyak siswa belum bisa membaca atau menulis dengan baik dan benar, juga minat belajar yang rendah. Siswa diajak mengenal huruf abjad dengan metode visualisasi, tata cara menulis dan metode cara membaca yang cepat dan efektif.

“Siswa juga diajak mendongeng dengan mengangkat kisah-kisah inspiratif, yang dapat mendorong motivasi dan obsesi mereka dalam membentuk cita-cita, sehingga tertanam dalam semangat mereka untuk belajar sampai perguruan tinggi nantinya,” katanya.

Lanjutnya, pihaknya juga memberikan sosialisasi pendidikan dan bahaya narkoba kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat lebih awas dan mendorong anak-anaknya kelak melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Secara khusus, upaya ini dilakukan melalui pendekatan ibu-ibu. Masyarakat dan terutama ibu-ibu rumah tangga dibekali wawasan pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan.

“Ibu-ibu harus menjadi pendorong utama dalam keluarga agar memotivasi putra-putrinya untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, baik formal maupun non-formal. Kita berharap masyarakat disini membuka diri, kata Intan Maulina, salah seorang dari peserta KKN,” ungkap Ade.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Taufik Abdullah menyampaikan, biar kecil, tapi kegiatan harian dan program kerja yang dilakukan bisa bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat. Tentunya, bisa menjadi kenangan dan pembelajaran berharga bagi kami sebagai peserta KKN.[tmi]


Kirim Komentar