Mahasiswa KKN 110 Ciptakan Keinginan Berkuliah bagi Siswa SMA Melalui Bimbingan Konseling

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 110 Ciptakan Keinginan Berkuliah bagi Siswa SMA Melalui Bimbingan Konseling

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 110 Universitas Malikussaleh membuka bimbingan konseling bersama siswa SMA untuk menumbuhkan  minat berkuliah di Gampong Teupin Beulangan, Kecamatan Samudera , Kabupaten Aceh Utara, Minggu (6/11/2022 )

Anggota KKN Kelompok 110, Adilla mengatakan, pihaknya berupaya melakukan interaksi secara intens dan santai dengan pendekatan yang bersifat kekeluargaan guna menciptakan keakraban antara mahasiswa dengan siswa Gampong Teupin Beulangan.

“Pentingnya pendidikan bagi kelangsungan hidup seluruh masyarakat, baik masyarakat kota maupun masyarakat desa seperti yang kita ketahui desa yang tertinggal biasanya memiliki tingkat pendidikan yang rendah sedangkan desa yang maju akan dipenuhi oleh orang- orang yang cerdas dan berpendidikan,” katanya.

Lanjut Adila, realitanya masih banyak anak-anak di Gampong Teupin Beulangan yang tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi, hal ini terjadi karena masyarakat kurang paham akan pentingnya pendidikan bagi kehidupan jangka panjang apalagi sebagian besar orang tua disini hanya tamatan SD/SMP sehingga kesadaran akan pentingnya pendidikan terhadap anak masih cukup rendah, seperti pada anak perempuan, sering dijumpai setelah tamat SMP/SMA kebanyakan lebih memilih menikah di usia dini daripada melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Menurut Adilla, pendidikan perguruan tinggi merupakan aspek penting dalam menciptakan generasi penerus yang berpola pikir kritis, berintegritas serta dapat membangun desa. Memberikan pengetahuan baru yang didapat, serta berpartisipasi dalam membantu mengurus pemerintahan desa agar menjadi lebih baik lagi.

“Tugas kami sebagai mahasiswa wajib rasanya mengajak serta memberikan pencerahan mengenai hal-hal yang dianggap penting seperti prospek yang di dapatkan jika melanjutkan pendidikan hingga keperguruan tinggi dengan berbagai macam jalur beasiswa yang mendukung, terkhusus bagi siswa yang memiliki kendala dalam hal ekonomi atau biaya pendidikan yakni Bidikmisi/KIP Kuliah, Beasiswa Aceh Carong, Unggulan, Bank Indonesia dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Maksud dan tujuan dari bimbingan yang dilakukan kelompok 110 yaitu memberikan gambaran terkait dunia perkuliahan, pemilihan jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan siswa agar mantap dalam menentukan pilihannya.

Kelompok 110 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh ini beranggotakan 15 mahasiswa yang diketuai oleh Muhammad Daniel, dan 14 anggota lainnya yaitu Yoga, Ihsan, Rijal, Darkasyi, Masyitah, Shefira, Annida, Hanidar, Maisarah, Lisa, Indri, Serlina, Ulfa dan Adilla yang dibimbing langsung oleh Dr Darmawati MM.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar