Mahasiswa KKN 89 Semangati Anak-Anak Pulo Blang Trieng dengan Pondok Literasi

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 89 Semangati Anak-Anak Pulo Blang Trieng dengan Pondok Literasi

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 89 Universitas Malikussaleh buka Pondok Literasi untuk Anak-anak di Gampong  Pulo Blang Trieng, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Senin (7/11/2022).

Salah satu anggota KKN kelompok 89, Dewi Sartika mengatakan, Pondok Literasi ini di buka setiap hari Senin-Jumat pukul 14.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Pondok Literasi tersebut dilakukan dengan pelajaran yang berbeda setiap harinya dengan metode pengenalan dasar menulis, membaca dan menghitung. Materi yang diajarkan ialah bahasa Indonesia, matematika,mengaji,kreasi, dan game.

"Program ini sederhana tapi bermakna karena anak-anak Gampong Pulo Blang Trieng harus memperdalam kemampuan baca dan menulis. Aktor utama pendidikan kita (terutama anak-anak Gampong Pulo Blang Trieng), cenderung gagap dalam berbahasa, salah satunya bahasa Indonesia. Tujuan menjawab problem ini kami membuat terobosan dengan membuka pondok literasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan semangat literasi di luar sekolah," katanya.

Anggota KKN 89 lainnya, Ayu menyampaikan, antusias anak- anak terhadap pondok literasi ini sangat tinggi. “Hal itu saya lihat dari mereka yang berbondong- bondong datang untuk belajar bersama, Namun permasalah belajar yang kami lihat adalah kurangnya berbahasa Indonesia dengan lancar dan kurangnya kepercayaan diri anak dalam proses pembelajaran," ungkap Ayu.

Salah satu orang tua yang hadir di lokasi kegiatan, Mursidah menyebutkan,  pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN,  apalagi dengan membuat tempat belajar seperti ini.

“Kegiatan ini sangat berguna dan menyenangkan belajar seperti ini. Yang saya lihat anak-anak ini semenjak ada mahasiswa mereka makin rajin ke Meunasah Pulo Blang Trieng,” tuturnya.

Emmia Tambarta Kembaren MSi selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 89 menyebutkan, program literasi adalah hal yang sangat penting bagi generasi muda usia dini guna mempersiapkan diri agar dapat bersaing dalam dunia pendidikan di Aceh Utara.[tmi]


Kirim Komentar