Mahasiswa KKN 42 Kunjungi Makam Ulama di Gampong Blang Raleu

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 42 Kunjungi Makam Ulama di Gampong Blang Raleu

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 42 Universitas Malikussaleh mengunjungi salah satu Makam Ulama Tarbiyah Islamiyah yaitu Abu Ibrahim Cot Ceubrek, di Gampong Blang Raleu, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (08/11/2022).

Ketua Kelompok KKN-PPM Kelompok 42, Muhammad Khatami mengatakan, makam ini menjadi salah satu bukti peninggalan sejarah berharga, tetapi sangat disayangkan masih banyak orang yang jarang mengetahuinya. Dengan kegiatan ini, kelompok KKN-PPM 42 menggali dan mencari tahu informasi tentang sejarah makam ini.

“Saat mengunjungi makam tersebut, salah satu anak perempuan dari Abu Ibrahim Cot Ceubrek yang bernama Ummi Habsyah mengatakan Abu Ibrahim dulu menimba ilmu agama di berbagai daerah hingga beliau bertemu dengan guru besar yang bernama Abuya Syeikh Hasan Krueng Kalee, yang juga merupakan panutan beliau dalam membuat sebuah karangan kitab Ilmu Nahwu, yaitu Kitab Awamel. Ilmu Nahwu sendiri merupakan ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip untuk mengenali kalimat bahasa Arab dari sisi i’rab dan bina’-nya,” jelasanya.

Dosen Pembimbingan Lapangan (DPL), Zainal Abidin MHum menyampaikan agar mahasiswa tetap progresif serta kreatif dalam mengembangkan sejarah dan aset setempat.

“Saya berharap agar sejarah aset di Gampong Blang Raleu ini dapat diketahui oleh orang banyak,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar