Mahasiswa KKN 53 Kunjungi UMKM di Gampong Paya Leupah

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 53 Kunjungi UMKM Di Gampong Paya Leupah

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 53 Universitas Malikussaleh (Unimal) melakukan kegiatan sosialisasi UMKM di Gampong Paya Leupah Kecamatan Simpang Keuramat , Aceh Utara, Senin (7/11/2022)

ketua kelompok 53 KKN PPM Universitas Malikussaleh, Nanda mengatakan, kegiatan UMKM ini dilaksanakan oleh mahasiswa di salah satu rumah warga yang buka usaha makanan ringan yang bernama Bu Gring. Bu Gring ini adalah makanan khas dari Aceh yang terbuat dari beras dan campuran gula merah untuk pemanis yang hampir sama dengan rengginang.

“Sebagai mahasiswa kita harus membantu masyarakat Gampong Paya Leupah dalam mengembangkan UMKM yang ada di Gampong ini agar tak hanya masyarakat Aceh saja yang merasakan gurihnya Bu Gring namun kami berharap masyarakat luar Aceh pun menikmatinya. Hal ini pun dapat berpengaruh terhadap perekonomian yang ada di Gampong Paya Leupah ini,” katanya.

Geuchik Gampong Paya Leupah , Munawir menyebutkan, di Gampong Paya Leupah sendiri terdapat beberapa Home Industry yang dimana memproduksi makanan khas Aceh yang dikenal dengan Bu Gring. Biasanya Bu Gring ini didistribusikan ke beberapa daerah seperti Bireun, Lhokseumawe, dan Lhoksukon.

Harga Bu Gring ini juga berbeda-beda sesuai dengan bentuk yang dibuat, seperti bentuk lingkaran yang berdiameter 10 cm dengan harga Rp. 10.000, ada yang berbentuk bola-bola kecil yang dimana satu kemasan dengan harga Rp 5.000. Selain itu, mereka juga menerima pesanan untuk hantaran dengan bentuk yang diinginkan oleh konsumen yang bernilai sekitar Rp 120.000.

“Selain buat Bu Gring yang seperti umumnya, kami juga bisa menerima pesanan yang untuk hantaran dengan bentuk yang diminta sama si pemesan yang harganya sekitar Rp. 120.000,” sebut Munawir.

Ia menambahkan, sayangnya, Bu Gring ini belum dikenal banyak oleh masyarakat dari luar Aceh. Padahal jajanan ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan yang paling utama sehat karena tanpa pengawet. Komposisi yang digunakan pada Bu Gring ini juga masih sangat alami tanpa tambahan zat kimia. [tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar