Mahasiswa KKN 101 Bantu Pembuatan Kelapa Gongseng di Gampong Baro

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 101 Bantu Pembuatan Kelapa Gongseng di Gampong Baro

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 101 di Gampong Baro Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara mengikuti kegiatan di salah satu UMKM Kelapa Gongseng yang berada di Gampong Baro Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Minggu (06/11/2022)

Ketua kelompok KKN-PPM 101, Alief  mengatakan, usaha kelapa gongseng milik Munir dan Suryani sudah berlangsung selama 1 tahun. Usaha kelapa Gongseng ini bahan utamanya adalah kelapa yang diambil dari warga sekitar yang kemudian diolah menjadi kelapa gongseng. Biasanya dalam satu hari pembuatan kelapa gongseng memerlukan kurang lebih 300 buah kelapa.

Proses pembuatan kelapa gongseng yang pertama dilakukan adalah mengukur kelapa terlebih dahulu, kemudian kelapa dijemur selama kurang lebih 4 jam, setelah itu dilakukan penggongsengan. Kelapa gongseng ini di pasarkan tergantung pesanan para konsumen. Biasanya dipasarkan ke daerah tertentu seperti Geudong, Lhoksukon dan Blang jreun. Adapun kisaran harga kelapa gongseng ini berkisar 20.000/kg.

“Usaha kelapa gongseng ini sangat membantu perekonomian kelurga pak Munir serta masyarakat sekitar. Alangkah baiknya kelapa gongseng ini dipasarkan lebih luas lagi, tidak hanya untuk daerah Aceh Utara saja,“ pungkas Alief, mahasiswa KKN yang dibimbing oleh  Dela Andriani MT.[tmi]


Kirim Komentar