Unimal Melaksanakan Workshop PPID

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng membuka Workshop PPID. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan workshop Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Aula Meurah Silue, Kampus Lancang Garam, Lhokseumawe, Rabu (9/11/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng. Pada sambutannya Rektor menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan kewajiban bagi setiap perguruan tinggi negeri dalam meningkatkan kinerja keterbukaan informasi publik, sebagaimana diamanatkan oleh UU No 14 tahun 2008.

Menurut ketua panitia yang juga kepala UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan Unimal, Teuku Kemal Fasya MHum menyebutkan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan informasi publik di Unimal.

“Kita telah berhasil meningkatkan kinerja di tingkat publikasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat, termasuk melesatkan rangking webometric Unimal, prestasi kinerja keuangan, prestasi kemahasiswaan, dll, tapi masih terantuk pada skor PPID kita yang masih rendah. Pelaksanaan workshop ini untuk menggugah para pejabat yang akan disahkan sebagai pengelola kelak melalui SK Rektor untuk berkeringat membangun fondasi pengelolaan informasi di Unimal menjadi semakin informatif,” ungkap Kemal saat memberikan sambutan.

Pada workshop kali ini, Unimal mengundang tiga narasumber yang selama ini banyak bekerja di ruang pengelolaan informasi publik yaitu Arman Fauzi (ketua Komisi Informasi Aceh), Alfian (Koordinator Badan Pekerja Masyarakat Transparansi Aceh/MaTA), dan Cut Asmaul Husna (dosen Universitas Teuku Umar). Para pembicara memberikan pandangan dan pengalamannya dalam meningkatkan kinerja lembaga publik terkait dengan pengelolaan informasi dan dokumentasi di Aceh, khususnya.

Pada akhir kegiatan, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr Mukhlis, menyambut baik gagasan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan informasi publik di Unimal. “Kita akan segera menindaklanjuti masukan yang sangat bermanfaat dalam kegiatan ini, termasuk juga infrastruktur informasi dan media layanan ini, karena ini jelas amanah undang-undang,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar