Mahasiswa KKN Kelompok 100 Berpartisipasi Acara Duek Pakat Gampong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 100 Berpartisipasi Acara Duek Pakat Gampong. Kamis, 10 November 2022. Foto; ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 100 Universitas Malikussaleh ikut berpartisipasi dalam kegiatan ‘’Duek Pakat’’ di Gampong Keude Geudong, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Kamis, 10 November 2022.

Anggota KKN Kelompok 100 Nurul mengatakan, duek Pakat ini merupakan acara musyawarah yang dilakukan warga gampong untuk membahas tentang kegiatan yang berhubungan dengan upacara keagamaan, keluarga, sampai masalah gampong. Duek pakat ini sudah menjadi bagian khas ureung Aceh yang dilakukan secara turun temurun.

‘’Dengan adanya acara duek pakat ini, geuchik selaku penyelenggara turut mengundang mahasiswa KKN kelompok 100 untuk ikut serta dan berpartisipasi untuk meramaikan kegiatan tersebut. Duek pakat yang diselenggarakan oleh pihak salah satu keluarga di gampong, membahas tentang acara keluarga yang nantinya akan dilaksanakan’’ ujarnya.

Dirinya juga melanjutkan, sebagai orang yang berasal dari luar Aceh mempunyai pengalaman baru terkait duek pakat yang merupakan tardisi ureung Aceh. ‘’Kami dengan teman kelompok sangat berterima kasih kepada geuchik yang telah melibatkan kami diacaranya, diacara ini selain membantu kami juga bisa berbaur dengan masyarakat gampong". tuturnya

Selain itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ilham Sahputra M.Cs mengarahkan mahasiswa agar dapat berbaur dengan masyarakat serta menjaga kepercayaan masyarakat yang telah menyambut dengan hangat kehadiran mahasiswa KKN di Gampong Keude Geudong. Kelompok 100 diketuai oleh Muhammad Habibi Zaki Nasution (Teknik Arsitektur) dengan anggota kelompok Sajida Khairullah (Akuntansi), Nailul Autari (Akuntansi), Miftahul Jannah (Akuntasi), Marzuki (Manajemen), Chairunnisa (Administrasi Publik), Nazilla Ulia Putri ( Ilmu Komunikasi), Nurul Awaliani (Sosiologi), Harda Afif Franda Sinaga (Kedokteran), Diah Ade Saputri (Psikologi), Satriana Fitri (Agroekoteknologi), Ade Irma Ramadhani (Teknik Arsitektur), Dearma Fahri Nazarta Sinaga (Teknik Industri), Riska Dwi Safira (Teknik Kimia), Tiwa Kusuma (Teknik Sipil). [rky].


Berita Lainnya

Kirim Komentar