Dibuka ! Klinik Kesehatan Bukit Indah, Kini Berobat Semakin Mudah

SHARE:  

Humas Unimal
Foto:Muchlis

 

 

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Klinik kesehatan Universitas Malikussaleh, yang berlokasi di Jalan Sulawesi, Bukit Indah, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Malikussaleh Rektor. Prof. Dr. Herman Fithra, S.T., M.T., IPM, Jumat (11/11/2022).

Peresmian klinik kesehatan tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor Universitas Malikussaleh yang didampingi oleh Dekan Fakultas Kedokeran dr. Muhammad Sayuti SpB, serta diiukuti oleh Wakil Rektor III Dr. Baidhawi, para dekan dan juga kepala UPT. Bahasa, Kehumasan dan penerbitan (BKP) Universitas Malikussaleh T. Kemal Fasya. M. Hum.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran Unimal mengatakan, bahwa sebelumnya Unimal memiliki satu klinik yang berlokasi di Reulet, Aceh Utara, dengan jumlah peserta yang terdaftar di BPJS Kesehatan dengan faskes Klinik Unimal sebanyak 1.290 orang.

Akan tetapi mengingat, banyak mahasiswa yang bermukim di wilayah Lhokseumawe, maka dianggap perlu untuk membuka klinik kesehatan di kampus Bukit Indah, agar dapat melayani mahasiswa serta sivitas akademika Unimal yang berlokasi dikampus sekitar Lhokseumawe. 

Banyak mahasiswa mengeluh, jika berobat kesana mengeluh, karena jauh. Oleh karena itu, maka dibangun klinik pembantu di Bukit Indah,” katanya. 

Sambungnya, oleh karena itu, mahasiswa, dosen serta sivitas akademika lainnya, dapat memanfaatkan keberadaan klinik Unimal di Bukit Indah ini dengan baik, serta menjadikannya sebagai faskes kesehatan.

Karena sebagaimana dikatakan oleh Dekan Fakultas kedokteran Unimal tersebut, jumlah peserta BPJS kesehatan yang terdaftar di Faskes klinik Unimal jumlahnya sedikit bilan dibandingkan dengan jumlah yang berobat.

“ Sehingga kiita harapkan seluruh mahasiwa dosen sivitas akademika Unimal menjadi peserta klinik Unimal. Sebelumnya kita punya satu klinik peserta yang terdaftar sebanyak 1.290 peserta. Namun yang berobat jauh lebih besar daripada itu. Mahasiwa kita banyak yang berobat kesana tanpa BPJS Kesehatan,” ungkap dr.Sayuti.

Sementara itu, Rektor Universitas Malikusaleh dalam sambutannya mengharapkan pelayanan klinik kesehatan Unimal terus ditingkatkan. Sehingga keberadaannya, semakin dikenal dan menjadi berkah bagi sivitas akademika Unimal.

Sebut Rektor, potensi peserta BPJS Kesehatan sangat besar, untuk mahasiswa saja di Unimal sebanyak 26 ribu orang, kemudian ditambah lagi dengan dosen dan tendik serta masyarakat sekitar dapat diperkirakan mencapai 30 ribu.

Apabila, jumlah tersebut dapat dikelola dengan baik dan menjadi peserta BPJS Kesehatan pada faskes Klinik Unimal, maka akan memberikan dampak yang besar terhadap pengembangan klinik Unimal dan lembaga.

Oleh karena itu, Rektor berharap, keberadaan Klinik Unimal, baik yang ada di kampus Reulet maupun yang ada di kampus Bukit Indah, dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya dalam memperoleh layanan kesehatan yang baik, harap Rektor. 

Sementara itu, Kepala UPT. Bahasa, Kehumasan dan Penerbitan Unimal T. Kemal Fasya, M. Hum menambahkan, tujuan penambahan klinik ini dikarenakan kebutuhan layanan kesehatan terhadap mahasiswa yang berdomisili di Kota Lhoksemawe, Muara Satu sekitarnya. 

“ Dimana selama ini mereka kesulitan transportasi untuk mendatangi klinik kesehatan yang berlokasi di kampus Reulet, di Muara Batu Aceh Utara,” katanya.

Sambung Kemal lagi, kebutuhan akan layanan kesehatan tinggi bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah, akan sangat prihatin ketika mahasiswa sakit berat tidak mendapat pertolongan medis. 

“ Permasalahan ini menjadi catatan penting bagi Unimal dan Alhamdulillah setelah beberapa kali melakukan rapat, pihak Manajemen universitas memutuskan untuk menambah lokasi layanan 1 unit lagi yaitu bertempat di jln. Sulawesi kampus BI,” terang Kepala UPT. BKP Unimal.(mcl)


Kirim Komentar