Mahasiswa KKN 101 Ikuti Proses Pembuatan Kue Kering Di Gampong Baro

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 101 Ikuti Proses Pembuatan Kue Kering Di Gampong Baro

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 101 di Gampong Baro Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara mengikuti kegiatan disalah satu UMKM yaitu usaha Kue kering, Rabu (09/11/2022).

Ketua Kelompok KKN, Alief Rishaq mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini adalah salah satu jenis usaha yang di produksi langsung di rumah warga yang sudah berjalan selama kurang lebih 10 tahun.

“Usaha kue kering ini memiliki 3 jenis kue yang di produksi, diantaranya yaitu kue biji mangga, kue piring, dan kue jari-jari. Adapun bahan yang digunakan diantaranya tepung terigu, mentega, gula pasir, vanili, garam dan pewarna makanan,” katanya.

Ia menyebutkan, produksi kue kering ini dilakukan oleh salah seorang ibu rumah tangga yaitu Radhiyah dan ia memiliki dua pekerja yang membantu proses pembuatan kue tersebut. Biasanya untuk pembuatan kue dimulai dari ba’da subuh sampai dengan jam 8 malam.

“Modal awal dalam proses pembuatan kue kering ini kata ibu Radhiyah berkisar Rp. 1.500.000 untuk semua jenis kue kering. Biasanya per hari menghabiskan 250 bungkus untuk jenis kue biji mangga dan kue piring. untuk jenis kue jari-jari biasanya menghabiskan 100 bungkus perharinya. Ketahanan kue kering ini kurang lebih selama 1 bulan. Keuntungan yang diperoleh ibu Radhiyah perhari kurang lebih Rp. 400.000,” ungkap Alief.

Sementara, Radhiyah pemilik UMKM menjelaskan, tujuan dari UMKM ini untuk membantu kondisi perekonomian dan juga mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha serta bisa mempunyai kemampuan dalam menjalankan usaha kecil kecilan yang ia jalankan.

“Selain itu dapat membuka lowongan pekerjaan bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan,“ungkap Ibu Radhiyah”

Kelompok KKN-PPM 101 Universitas Malikussaleh beranggotakan 15 mahasiswa, yang diketuai oleh Alief Rishaq dan 14 lainnya yaitu, Putri Sarah Riswanda Rangkuti, Leni Parista, Roja Andesta, Korisma Ardela, Zuliani, Ryan Vlensky, Syukri Zarkasyi, Riski Nasution, Muhammad Arief Ramadhana, Cut Malahayati, Riski Amanda, Maghfirah, Indah liana, Silaturahmi. Mereka semua dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Della Andriani MT.[tmi]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar