Mahasiswa KKN 28 Terapkan Metode Belajar Sambil Bermain di TK Al- Kahfi

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 28 Terapkan Metode Belajar Sambil Bermain di TK Al- Kahfi

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) kelompok 28 Universitas Malikussaleh mengunjungi TK Al- Kahfi yang ada di Gampong Krueng Seupeng, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (9/11/2022). 

Aris Munandar, Koordinator Bidang Humas kelompok KKN mengatakan, kegiatan itu untuk dilakukan untuk mengajak anak-anak dapat belajar dengan riang gembira tanpa mendapatkan tekanan untuk belajar.

“Penerapan metode ini dilakukan melalui edukasi belajar sambil bermain. Antusias anak-anak di TK Al-Kahfi  sangat tinggi, mereka mampu mengikuti materi yang diberikan,” katanya. 

Ketua KKN, Gery Ulayya Hardi menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan di TK Al-Kahfi yang berlangsung pukul 08.00 WIB pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas masih berlangsung. Acara dimulai dengan melakukan perkenalan satu persatu dari tim KKN-PPM Unimal.

“Program ini diawali dengan senam pagi bersama  dengan tim KKN dan dilanjutkan dengan membaca ayat pendek bersama sama, selanjutnya tim KKN Unimal juga mengajak anak-anak belajar mengenal anggota badan dengan cara menyanyikan lagu sambil menggerakan anggota badan. Serta sesi terakhir adalah waktu membaca,menulis dan persiapan pulang,” ungkapnya. 

 Ia menambahkan, kegiatan belajar mengajar bersama tim KKN Unimal tentu saja tidak terlepas dari arahan guru-guru di TK Al-Kahfi . Para guru-guru senantiasa membantu tim kkn unimal untuk mengarahkan anak-anak agar dapat fokus dan tenang saat mendapatkan materi. Karena anak-anak yang duduk di bangku TK ini memasuki usia pada masa keemasan, dimana pada masa ini anak mengalami pertumbuhan otak yang pesat sekali.

“Oleh sebab itu harus tetap didampingi oleh tenaga pendidik yang baik yaitu yang mampu menyampaikan informasi berkualitas dengan cara yang mudah dan tepat di serap oleh anak-anak,” pungkasnya.

Mahasiswa KKN kelompok 28 dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), ZulFadli MSi.[tmi]


Kirim Komentar