Mahasiswa KKN 19 Asal Papua Kenali Budaya Daerahnya Kepada Siswa di SMP Negeri 3 Kuta Makmur

SHARE:  

Humas Unimal
Kunjungi Sekolah, Mahasiswa KKN 19 Sosialisasi Tentang Budaya

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 19 Universitas Malikussaleh melakukan program pengenalan budaya di SMP Negeri 3, Gampong Cot Seutui, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (9/11/2022).

Salah satu anggota Kelompok 19 yaitu Demijhon Pakage yang berasal dari papua memperkenalkan budaya asalnya kepada siswa-siswi SMP Negeri 3, Kuta Makmur.  Ia menyebutkan, Provinsi Papua yang terletak di ujung timur negara Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang unik dan menarik. Papua dikenal sebagai wilayah dengan hasil bumi yang melimpah serta bentang alam yang menakjubkan. Namun, satu hal yang juga tidak lepas ketika berbicara mengenai Papua adalah keberagaman budayanya.

"Ada dua perbedaan makanan di papua, yang pertama ada sagu sebagai bahan pokok makanan masyarakat pesisir dan umbi-umbian untuk masyarakat daerah pegunungan. Mengenai pakaian adat Papua, untuk pria menggunakan koteka dan wanita menggunakan rok rumbai. Pakaian adat tersebut juga memakai hiasan-hiasan seperti hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik," katanya.

Farhan Ramadhan Rambe sebagai Ketua Kelompok 19 KKN menyampaikan,menurut  Kepala  SMP Negeri 3 memberikan edukasi dengan pengenalan budaya sangatlah penting sebagai bentuk promosi kebudayaan dan keragaman yang ada di Indonesia. Selain itu, tujuan lain yang dimaksudkan untuk memberikan ilmu kepada sejumlah siswa agar mereka mendapatkan wawasan.

“Pengenalan itu juga disambut antusias oleh siswa-siswi dan guru. Dengan begitu,  diharapkan akan terjalin silaturahmi dan interaksi budaya sehingga memiliki kesamaan visi dalam membangun Indonesia,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar