Kelompok 38 KKN Sosialisasi Pencegahan Stunting Bersama Kader Posyandu

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 38 KKN Sosialisasi Pencegahan Stunting Bersama Kader Posyandu

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) kelompok 38 Universitas Malikussaleh damping kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Gampong Pulo Barat, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (11/11/2022)

Ketua kelompok 38, Shahibul mengatakan, Posyandu merupakan tempat pemeriksaan kesehatan balita pertama yang dilakukan di tingkat gampong yang rutin dilakukan seperti penimbangan berat badan balita, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan ibu hamil dan lain-lain. Penyampaian edukasi terkait pencegahan stunting dan pemberian gizi seimbang dilaksanakan juga dilakukan saat kegiatan Posyandu yang dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai selesai.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja kami di Gampong Pulo Barat,” katanya.

Mahasiswa kedokteran di kelompok 38 Ulfa menyampaikan, Posyandu bukan hanya terkait vaksinasi pada balita, namun juga melaksanakan pemeriksaan perkembangan pada anak guna mencegah stunting. Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

“Ada beberapa dampak stunting yang perlu diperhatikan yaitu anak mudah terserang penyakit, kemampuan kognitif berkurang, berisiko terkena penyakit degeneratif dan pertumbuhan tidak optimal,” ungkapnya.

Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 38, Martina MSi mengharapkan dengan adanya Penyuluhan Edukasi Kesehatan di Posyandu Desa Pulo Barat tersebut peserta yang hadir menjadi lebih mengetahui pentingnya memenuhi gizi yang baik dan memberikan pola asuh serta pola makan terbaik untuk anaknya sehingga stunting bisa dicegah. [tmi]


Kirim Komentar