Kelompok KKN-PPM 02 Latih Masyarakat Buat Pupuk Organik Cair

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok KKN-PPM 02 Latih Masyarakat Buat Pupuk Organik Cair. Jum’at, 11 November 2022. Foto; ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 02 Universitas Malikussaleh melaksanakan program pelatihan untuk pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan mendemonstrasikan cara pembuatan Pupuk kepada para petani Gampong Seuneubok Drien, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Jum’at, 11 November 2022.

Salah satu anggota KKN Kelompok 02 Dinda Rosaleha mengatakan, program ini bertujuan agar masyarakat mengetahui cara pembuatan pupuk organik dengan berbagai manfaat dari penggunaanya. Salah satunya jika digunakan terlalu banyak pada tanaman tidak menimbulkan efek lainnya.

‘’Pupuk Organik Cair (POC) merupakan pupuk yang tersedia dalam bentuk cair.  POC dapat diartikan sebagai pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan. Menurut kami program ini bertujuan agar masyarakat mengetahui pupuk yang organik dan sehat untuk tanaman dan mengurangi pemakaian pupuk kimia. Tidak hanya itu, program ini meminimalkan modal yang diperlukan untuk kepentingan pertanian masyarakat gampong Seuneubok Drien’’ ujarnya.

Sementara Keuchik Gampong Seuneubok Drien Muhammad Isa mengatakan, kegiatan tersebut didasari oleh profesi warga Gampong Seuneubok Drien yang mayoritas sebagai petani dan berkebun. ”Selama ini warga Gampong Seuneubok Drien sebagian besar bekerja sebagai petani kurang lebih sebesar 90%, selebihnya berprofesi sebagai pekebun, petani sawah dan lain sebagainya’’ ungkapnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Rosnina MP mengatakan, kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan bahan dasar kulit buah yang dicampur dengan molase dengan waktu fermentasi 15 hari s/d satu bulan. Kegiatan ini dihadiri Keuchik Gampong, seluruh aparatur gampong, para petani yang dilaksanakan di meunasah gampong setempat. [ryk]


Berita Lainnya

Kirim Komentar