Lestarikan Kesenian Aceh, Mahasiswa KKN-PPM 43 Ajarkan Tarian Ranup Lampuan

SHARE:  

Humas Unimal
Lestarikan Kesenian Aceh, Mahasiswa KKN-PPM 43 Ajarkan Tarian Ranup Lampuan. Jum’at (11/11/2022). Foto; ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 43 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan memperkenalkan tarian tradisional ranup lampuan kepada anak-anak gampong Meunasah Baroh, kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara. Jum’at (11/11/2022).

Ketua kelompok Basyarul Ilhafi mengatakan, kegiatan ini merupakan cara untuk melestarikan kesenian daerah serta melatih kemampuan anak-anak gampong Meunasah Baroh.

“Tarian yang diajarkan oleh mahasiswa KKN kepada anak gampong Meunasah Baroh adalah tarian Ranup Lampuan. Selama ini Tarian Ranup Lampuan merupakan salah satu tarian budaya Aceh, tarian ini merupakan tarian penyambutan tamu untuk menyuguhkan sirih sebagai tanda terima masyarakat’’ ujarnya.

Lebih lanjut menurut Ilhafi “kegiatan mengajar menari ini merupakan cara untuk memperkenalkan kepada anak usia dini, khususnya anak-anak gampong, yang bertujuan untuk melestarikan tarian budaya dan kemudian dikembangkan kepada generasi selanjutnya, sehingga budaya tarian ini tidak hilang” pungkasnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Zainal Abidin M.Hum mengatakan, kegiatan tersebut sangat Positif agar budaya Aceh tetap terlestarikan pada anak usia dini hingga mereka nantinya mampu menjaga kembali budaya tersebut.

"Kegiatan ini juga untuk melatih kemampuan anak-anak untuk bisa melakukan gerakan yang ada dalam tarian tersebut, serta dapat mengetahui makna dari setiap gerakan-gerakan tubuh" imbuhnya.

Mahasiswa KKN-PPM UNIMAL  Kelompok 43 diketuai oleh Basyarul Ilhafi, peserta KKN yang tergabung dalam kelompok ini adalah Citra Sari, Cut Evi Oktaviani, Ira Oktavia, Risky Ilhamda Saputra, Maudi Wulan Sari, Yulis Amsar, Zairatul Husna, Permata Wulandari, Rahmita, Inda Wahyuni, Putri Azzahra, Dafa Abdillah, Fauzi, Cut Alfitra Syawalia, dan Fatimah Az Zahra. [ryk]


Berita Lainnya

Kirim Komentar