Memperingati Hari Pahlawan: Kelompok KKN 108 Berziarah Ke Makam Raja Kanayan

SHARE:  

Humas Unimal
Memperingati Hari Pahlawan: Kelompok KKN 108 Berziarah Ke Makam Raja Kanayan

UNIMALNEWS | Lhoksukon- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 108 Universitas Malikussaleh melakukan Ziarah Ke makam Raja Kanayan yang berlokasi di Gampong Meunasah Ujong Kecamatan Samudera, Aceh Utara dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022).

Ketua dari Kelompok KKN 108, Daffa Faruq menyampaikan bahwasannya  di era yang kian maju dan masyarakat yang terlalu menatap ke arah teknologi.Menjadikan  masyarakat lupa akan sejarah dari perjuangan pahlawan-pahlawan yang berada di pesisir samudera pasai ini. Apalagi dengan generasi Z atau generasi millenial yang bahkan tidak mau tau tentang perjuangan raja yang sangat ditakuti oleh bangsa penjajah di masa itu dan oleh sebab itu kami melakukan kegiatan ini untuk sama-sama mengenang perjuangan raja Kanayan dahulu..

Sedikit Informasi Tentang Makam Raja Kanayan yang telah dipugar di desa Meunasah Ujong dan menjadi salah satu bangunan situs cagar budaya yang telah di inventarisasi menjadi salah satu sisa sejarah yang harus dijaga keberadaanya.

Dengan adanya peringatan hari pahlawan tersebut kami dari kelompok  KKN 108 mengajak seluruh masyarakat Gampong Meunasah Ujong Untuk mengenang kembali sejarah dan perjuangan raja-raja dan pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kekuasaan maupun daerah dari bangsa penjajah.

Asrul Fahmi MAP, Dosen Pembimbing Lapangan Menyebutkan kegiatan ini merupakan hal Positif yang dilakukan Mahasiswa untuk memberikan Contoh kepada Anak-anak yang berada di desa maupun orang yang sudah tua, Layaknya Bung Karno Mengatakan Bangsa Yang Besar adalah bangsa yang menghormati Para Pahlawannya .

Sekretaris Desa Meunasah Ujong, Muammar juga mengapresiasi kegiatan ini, selain berziarah ini juga menjadi pengingat akan keberadaan raja-raja dahulu yang mulai terlupakan, semoga kegiatan ini akan diteruskan oleh generasi- generasi selanjutnya.[tmi]


Kirim Komentar