Tingkatkan Budaya PHBS, Kelompok 10 Edukasi Siswa SD Negeri 8 Kuta Makmur

SHARE:  

Humas Unimal
Tingkatkan Budaya PHBS, Kelompok 10 Edukasi Siswa SD Negeri 8 Kuta Makmur

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 10 Universitas Malikussaleh memberikan pengetahuan dan edukasi mengenai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) kepada para siswa SD Negeri 8 Kuta Makmur, Aceh Utara, Selasa (08/11/2022).

Anisah Nazrah Siregar yang berasal dari Fakultas Kedokteran selaku penanggung jawab program ini menyatakan dengan adanya edukasi mengenai PHBS ini maka dapat meningkatkan kesadaran siswa SDN 8 Kuta Makmur dalam menjaga kualitas kebersihan dan kesehatan  dengan mencuci tangan demi mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan yang berdampak dari tangan yang kotor ke depannya. 

Adapun bahan ajar yang diberikan adalah melalui metode praktik langsung  dimana mahasiswa KKN PPM 10 memberikan arahan serta contoh tata cara mencuci tangan melalui gerakan dan juga dengan menggunakan sabun dengan baik dan benar, selanjutnya arahan tersebut diikuti dan dilakukan langsung oleh siswa SDN 8 Kuta Makmur yang berjumlah 75 orang dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Gerakan tersebut dipantau dan diawasi oleh anggota kelompok 10 sehingga memudahkan para siswa untuk memahaminya.

“Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman. Namun bila tidak memungkinkan, dapat juga menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60% sebagai gantinya. Sebelum mencuci tangan, pastikan juga bahwa di rumah terdapat sabun dan sumber air mengalir yang bersih,” kata Anisah.

Najlun selaku ketua kelompok berharap, dengan kunjungan mahasiswa KKN PPM 10, dapat memotivasi siswa dan siswi SDN 8 Kuta Makmur dalam menerapkan PHBS di kehidupan sehari-hari untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang bisa ditimbulkan melalui tangan dan kuku yang kotor.

Kelompok KKN-PPM Unimal 10 yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr Laila Nazirah MP, diketuai oleh Najlun Fariha dari Prodi Manajemen, serta anggota lainnya yaitu, Irma Aulia Wakid dari prodi Akuntansi, Mutia Kumala dari prodi Ekonomi Syariah, Mira Fitria dari prodi Manajemen, Ayu Sundari dari prodi Administrasi Publik, Alpas Andrean dari prodi Antropologi, Cut Maulina Bahar dari prodi Antropologi, Fitri Wahyuni dari prodi Ilmu Politik, Anisah Nazrah Siregar dari prodi Kedokteran, Salsabilla Febyola Malakalu dari prodi Agribisnis, Jaka Zuladhari dari prodi Agroekoteknologi, Ayu Irhamna dari prodi Sistem Informasi, Nashrullah dari prodi Teknik Elektro, Sarwiyah Hasibuan dari prodi Teknik Industri, Chairil Rizki dari prodi Teknik Material, dan Siti Erlina dari prodi Teknik Sipil.[tmi]


Kirim Komentar