Tumbuhkan Semangat Belajar, KKN 116 Gelar Les Calistung Bersama Anak-Anak Gampong Matang Ulim

SHARE:  

Humas Unimal
Tumbuhkan Semangat Belajar, KKN 116 Gelar Les Calistung Bersama Anak – Anak Gampong Matang Ulim

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (KKN - PPM) Kelompok 116 Universitas Malikussaleh gelar kegiatan les calistung bersama anak – anak di Meunasah Gampong Matang Ulim, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Jumat (11/11/2022).

Rilis yang diterima Unimalnews, menyebutkan, isi kegiatan Jumat dengan bermanfaat, kelompok KKN 116 menggelar Les Baca Tulis Hitung (Calistung) dengan anak – anak Gampong Matang Ulim. Kegiatan ini diasosiasikan oleh kelompok KKN dengan tujuan mengisi waktu luang sekaligus menumbuhkan minat belajar anak – anak lingkungan.

“Program kerja Les Calistung kelompok 116 ini diawali dengan sosialisasi kepada Geuchik Matang Ulim dan kepada anak – anak Gampong di hari Rabu dan Kamis, serta dilaksanakan pada hari Jum’at,” kata Humaira.

Ia menyampaikan, kegiatan les calistung dimulai pada pukul 16.00 WIB di Meunasah Gampong Matang Ulim.  Materi yang diajarkan diantaranya adalah pelajaran dasar Matematika, Bahasa Inggris, Agama dan Pengetahuan Umum. Serta, setelah selesai penyampaian materi oleh mahasiswa KKN, kegiatan dilanjutkan dengan uji pemahaman / quiz.

“Saat kegiatan kami memberi bimbingan dan mengarah siswa untuk menjelaskan materi serta memberikan contoh atau analogi sederhana dalam penyampaian materi. Tujuannya agar materi yang disampaikan, dapat dipahami dengan baik oleh anak – anak gampong,” ungkapnya.

Likdanawati MSi, selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan tema KKN PPM yaitu “Membangun desa melalui Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”.

“Pada prinsipnya kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat buat anak – anak terutama yang selama ini belajar sendiri, namun sekarang mendapat tutor atau dibimbing oleh adik – adik mahasiswa. Kegiatan ini juga sejalan dengan tema KKN, yaitu mahasiswa/I turun langsung dalam membangun desa melalui Pendidikan, pengetahuan dan teknologi.” tutupnya. [tmi]


Kirim Komentar