Mahasiswa Modul Nusantara PMM Diajarkan Seni Budaya Tarek Pukat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Modul Nusantara PMM diajarkan Seni Budaya Tarek Pukat

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun 2022 pada kegiatan Modul Nusantara inbound di Universitas Malikussaleh dikenalkan dengan tradisi dan seni budaya Tarek Pukat, Sabtu (12/11/2022) bertempat di Museum Kota Lhokseumawe.

Dosen Pembimbing Modul Nusantara, Safriana M Pd, menyatakan bahwa tradisi dan seni budaya tarek pukat ini dikenalkan melalui kegiatan refleksi “Alhamdulillah hari ini kita bisa mengenalkan seni budaya dan sekaligus tradisi masyarakat Aceh yaitu tarek pukat kepada mahasiswa PMM melalui kegiatan refleksi dengan narasumber seniman Aceh Pak Zul Afrizal atau akrab kita kenal dengan nama Joel Pasee” ungkap Safriana.

Safriana menyatakan bahwa tarek pukat merupakan kegiatan yang penuh dengan semangat kegotongroyongan yang masih dilakukan masyarakat Aceh hingga saat ini. Sehingga mengenalkan tarek pukat kepada mahasiswa PMM diharapkan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan, kerja keras, serta turut melestarikan warisan budaya nusantara khususnya Aceh. “harapannya nilai-nilai kebudayaan yang penuh dengan semangat kebersamaan, gotong royong, dan kerja keras dalam tarek pukat ini bisa diintegrasikan mahasiswa dalam kehidupannya” harap Safriana.

Kegiatan refleksi menghadirkan narasumber Zul Afrijal atau lebih dikenal dengan nama Joel Pasee. Joel menyatakan bahwa tarek pukat pada dasarnya merupakan kegiatan masyarakat pesisir Aceh dan kebanyakan dilakukan oleh masyarakat pesisir utara dan timur Aceh. Tarek Pukat merupakan kegiatan menarik jala ikan di pesisir laut dengan menggunakan jala atau jaring ikan tradisional yang sampai hari ini masih dilakukan oleh masyarakat Aceh. “(Seni atau tradisi) Tarek pukat merupakan atraksi budaya yang menggabungkan tari dan musik yang dimainkan masyarakat pesisir Aceh”. Terang Joel.

Selain menjelaskan tentang tradisi atau seni budaya tarek pukat, Joel juga mengajari mahasiswa PMM lagu tarek pukat dan menyanyikannya bersama mahasiswa serta menjelaskan arti lirik lagu tarek pukat. “jadi tarek pukat ini tidak hanya lagu saja, ada juga tariannya yang dimainkan oleh laki-laki dan wanita” jelas Joel.

Selain narasumber dari Dosen Pendamping dan Joel Pasee, turut mendampingi kegiatan ini Angga Pratama selaku Mentor Modul Nusantara.[tmi]


Kirim Komentar