Kontribusi Jangka Panjang Kelompok 111 KKN-PPM Bagi PAUD Putroe Bungsu

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 111 mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Putroe Bungsu Kuta Karang di Gampong Kuta Glumpang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Malikussaleh Kelompok 111  mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Putroe Bungsu Kuta Karang di Gampong Kuta Glumpang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Kegiatan tersebut menjadi salah satu program rutin bagi Kelompok 111 untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan sejak usia dini.

Ketua Kelompok 111, Mhd Rafli Ramadhan Sinaga, mengatakan mahasiswa yang ikut andil dalam kegiatan mengajar di PAUD Putroe Bungsu Kuta Karang di Gampong Kuta Glumpang berjumlah 25 mahasiswa.

“Kami membagi jadwal dengan merata agar semua anggota kelompok memiliki kesempatan untuk mengajar,” ujar Rafli, Jumat (11/11/2022).

Kegiatan mahasiswa KKN Kelompok 111 tersebut disambut antusias anak-anak PAUD, dewan guru, sampai aparatur Desa Kuta Glumpang. Anak-anak terlihat gembira atas kehadiran mahasiswa. “Anak-anak mendapatkan suasana baru dan mereka terlihat senang sekali,” ungkap Nurani, anggota Kelompok 111.

Ia menambahkan, kegiatan mengajar yang dilakukan mahasiswa KKN-PPM Kelompok 111 adalah untuk lebih mengenal kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, mengajarkan membaca, berhitung, menulis, dan juga mengadakan kegiatan lomba mewarnai.

“Kami berharap anak-anak PAUD di Putroe Bungsu Kuta Karang dapat berbahasa Indonesia dan lebih percaya diri dalam mengekspresikan pendapat. Kegitan  ini dilakukan setiap pagi sesuai jadwal sekolah,” ungkap Nuraini.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 111, Jufridar, MSM mengingatkan mahasiswa agar lebi fokus pada program jangka panjang sesuai dengan tema KKN. “Program yang sudah direncanakan bisa memberikan dampak jangka panjang bagi warga,” ujarnya.

Adapun tema KKN kali ini adalah “Membangun Desa Melalui Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi”. Program kerja dan kegiatan yang dilakukan mahasiswa diharapkan sesuai dengan tema tersebut.

Kelompok 111 beranggotakan 25 mahasiswa yang terdiri dari Jurusan Akuntansi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Sosiologi, Psikologi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi, dan Agroekoteknologi.

Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 111 adalah  Mhd. Rafli Ramadhan Sinaga sebagai ketua kelompok, dan anggota  yaitu Nuraini, Lia Maulida, Ika Nurdiah, Siti Nur, Sindi Rahayu, Ernida Yanti, Dina Septia, Umi Kalsum Br Pelawi, Mayang, Iwan Dermawan, dan Yohana S Manurung.

Berikutnya Nurul Pahimah, Rifka, Nurhayati, Syahri Romadhoni, Safuna Arnita, Ahmad Alwi Hasibuan, Ridwan Adha, Rika Hijrah, Dera Ilhamda, Muhammad Raja, Adelia Lusiana, Bilqis, Sonia Santa Mahdalena.[ayi]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar