Kelompok 60 Budidaya Tanaman Obat Keluarga di Gampong Bale

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 60 Budidaya Tanaman Obat Keluarga di Gampong Bale

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 60 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan Budidaya TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di sekitaran kantor keuchik Gampong Bale, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Sabtu (05/11/2022).

Alif sadewo selaku ketua dari Kelompok KKN mengatakan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk sebagai sumber penyedia bahan baku obat tradisional masyarakat untuk upaya kesehatan mandiri pemulihan kesehatan (rehabilitatif) leluhur dengan memanfaatkan tanaman yang berkhasiat. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk diterapkan dan bisa membantu masyarakat Gampong Bale.

“Sabtu ini kami melaksanakan kegiatan ini walaupun dalam keadaan yang kurang mendukung kita tetap semangat membuat budidaya toga ini. Kami memakai pekarangan kantor keuchik sebagai lahan untuk budidaya toga ini. Pastinya dengan persetujuan dari pak keuchik dan juga masyarakat sekitar," katanya.

Ibu Ketua Posyandu menyampaikan, saya sangat mendukung usulan kegiatan yang kalian lakukan. Karena di gampong kita ini memang belum ada khusus untuk budidaya toga. Mungkin dengan adanya usulan kalian bisa menjadi inovasi baru untuk Gampong Bale.

“Semoga budidaya toga ini tidak hanya dikembangkan pada saat kalian berada disini saja. Saya berharap masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam menjaga dan mengembangkan usulan dari mahasiswa KKN kita,” ungkapnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Lidya Rosnita MKom meminta kepada mahasiswa untuk tetap menjaga kekompakan dan menjalin silaturahmi kepada masyarakat sekitar. Buatlah kegiatan yang sangat berdampak untuk gampong tersebut.  

“Saya juga berharap semoga budidaya toga bisa terus di support oleh masyarakat gampong. Semakin banyak tanaman obat yang ada agar nantinya ketika masyarakat membutuhkan kita sudah siap untuk membantu. Saya akan terus memantau dan melihat bagaimana perkembangan dari budidaya toga ini,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar