Kelompok KKN 18 Gali potensi yang Ada di Gampong Lang Kuta

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok KKN 18 Gali potensi yang Ada di Gampong Lang Kuta

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa   Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN - PPM)  Universitas Malikussaleh (Unimal) kelompok 18 melaksanakan sosialisasi serta menggali potensi di Gampong Lang Kuta , Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.

Mahasiswa yang bergabung di kelompok  sebanyak 16 orang, terdiri dari 5 laki-laki dan 11 Perempuan. Salah satu anggota kelompok, Ridduan mengatakan, kegiatan pengabdian  merupakan implementasi dari Tri Dharma perguruan tinggi tersebut diawali dengan Koordinator Kelompok KKN-PPM 18, yaitu pendekatan pengabdian yang akan dilaksanakan menitikberatkan pada sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi kreatif serta akan menggali potensi - potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Kelompok 18 sendiri tengah menyusun program kerja kelompok yang dirancang  berdasarkan hasil  pemetaan, observasi dan wawancara dengan  masyarakat terkait kebutuhan dan potensi masyarakat di gampong tersebut,” katanya.

Ia menyebutkan, pada Minggu pertama kami TIM KKN PPM 18 merencanakan kegiatan gotong royong, membersihkan meunasah, bale pengajian  yang akan digunakan untuk mengajar Anak Usia Dini, serangkaian kegiatan penyuluhan kepada ibu ibu gampong langkuta mengenai riba, sebab akibat stunting, menganalisis rute gampong Lang Kuta guna keakuratan dalam membuat peta yang menjadi salah 1 Proker kelompok 18, dan juga kegiatan lainnya seperti ikut pengajian dan shalat berjamaah,mengajari les anak-anak dimulai dari TK, SD – jenjang SMP setiap senin-kamis, senam ria pada minggu pagi ditutup dengan pembagian bubur/ mie dsb, dan membantu serangkaian proses kegiatan posyandu rutin yang dilaksanakan tepat pada hari ini .

“Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih,  karena TIM KKN-PPM 18 Universitas Malikussaleh, disambut dengan hangat dan ramah oleh masyarakat Gampong Lang Kuta, juga kepada perangkat Desa, Tuha Peut, Kepemudaan  gampong Lang Kuta yang memfasilitasi kami dengan sangat luar biasa dan nyaman dan terkhusus kepada Geuchik Gampong Lang Kuta bpk Alimuddin yang sangat mengayomi kami seperti anaknya sendiri sehingga kami tidak merasa kekurangan,” ungkapnya.

Geuchik Gampong Lang Kuta bpk Alimuddin, menyambut baik kehadiran mahasiswa Unimal dan berharap akan ada banyak perubahan serta manfaat kepada kehidupan sosial masyarakatnya.

Tidak Hanya itu pada hari ini pun kelompok 18 dikunjungi oleh DPL, Cut Rizka Al Usrah MA yang berpesan agar selama program KKN berlangsung mahasiswa akan menetap di desa selama satu bulan, mereka akan fokus pada pemberdayaan ekonomi, pendidikan dan ekonomi kreatif, karena dampaknya akan langsung dirasakan masyarakat dan bersifat jangka panjang.[tmi]


Kirim Komentar