Mahasiswa KKN 127 Bantu Masyarakat Buat Kue Dodol

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 127 Bantu Masyarakat Buat Kue Dodol

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 127 turut membantu dalam Pembuatan Kue Khas Aceh Dodol di Gampong Krueng Mate, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara.

Salah satu Anggota KKN PPM Kelompok 127, Fitriani mengatakan, Dodol ini adalah salah satu makanan daerah yang harus dilestarikan. Agar adat orang Aceh tidak terlupakan hingga generasi kedepannya.

“Karena jarang sekali sekarang anak muda yang mau terlibat dalam proses pembuatan dodol ini. Jadi disini kita jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini," katanya. 

Fitriani  menyebutkan, Dodol adalah salah satu makanan Khas Daerah Aceh yang biasa dibuat dalam acara besar dan juga diperuntukkan untuk menyambut tamu yang Istimewa. Dengan rasanya yang manis dan legit dodol sangat cocok menjadi jamuan bagi para tamu-tamu. Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan dodol ialah, Tepung ketan, santan, gula, Vanili, dan mentega. Bisa pula ditambah rasa seperti Durian, kacang, nanas, dan lain sebagainya.

“Proses pembuatan Kue Khas Aceh (Dodol) yang pertama ialah memasukan semua bahan-bahan yang sudah disediakan dalam satu wajan besar, Kemudian  diaduk secara perlahan dan terus menerus dalam kurun waktu kurang lebih 6 Jam,” ungkapnya.

KKN PPM Kelompok 127 Unimal, terdiri dari 16 mahasiswa dari berbagai jurusan. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Khairina MSi. Adapun mahasiswa tersebut antara lain Mauli Zahara (Akuntansi), Khaula Zuhra (Ekonomi Syariah), Rouzatul Fitriah (Manajemen), Aulia Rachmat (Administrasi Publik), Ratna Dewi Saputri (Administrasi Publik), Fitriani (Antropologi), Yuliya Pramesti (Sosiologi), Rosmiati (Kedokteran), Irfan Saputra Siregar (Agribisnis), Nadya Karisda Siregar (Agroekoteknologi), Cut Alya Yustika (Sistem Informasi), Muhammad Aulia Amru (Teknik Elektro), Muhammad Mahendra (Teknik Kimia), Salma Salsabila (Administrasi Publik), Fatnia (Teknik Kimia) dan Qashmal Alfarisin (Teknik Sipil).[tmi]


Kirim Komentar