Peduli Kesehatan Warga Gampong Sido Mulyo, Kelompok 35 Adakan Penyuluhan Kesehatan

SHARE:  

Humas Unimal
Peduli Kesehatan Warga Gampong Sido Mulyo, Kelompok 35 Adakan Penyuluhan Kesehatan

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon -  Sejumlah mahasiswa Universitas Malikussaleh turun ke rumah warga untuk mengadakan pemeriksaan dan penyuluhan tekanan darah yang terletak di Gampong Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Senin (14/11/2022).

Najmi Syarqi Nabilah Fithri selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran warga mengenai pentingnya menjaga tekanan darah dalam tingkat yang normal.

“Kami mendapatkan arahan dari geuchik setempat untuk melakukan penyuluhan kesehatan sembari menyambangi warga di kediaman mereka sekaligus menjalin tali silaturahmi dan berbaur dengan warga sekitar. Arahan tersebut kami sanggupi turun langsung ke lapangan,” katanya.

Najmi menyebutkan, tim yang mengadakan penyuluhan terdiri dari 2 orang yang berasal dari prodi pendidikan kedokteran, 1 orang penerjemah bahasa Aceh, dan 2 orang yang bertugas melakukan dokumentasi. Mahasiswi kedokteran bertugas mengecek tekanan darah warga perempuan, sedangkan warga laki-laki dicek oleh mahasiswa kedokteran. Apabila ada warga yang tidak bisa berbahasa Indonesia maka akan dibantu diterjemahkan oleh mahasiswi asli Aceh untuk memaksimalkan pemahaman warga.

“Penyuluhan kesehatan kali ini berfokus pada tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Di daerah Aceh sendiri, pada tahun 2019 terdapat 280 ribu orang yang mengalami darah tinggi. Oleh karena itu, kelompok 35 memilih tekanan darah sebagai topik penyuluhan kesehatan yang pertama untuk meningkatkan kesadaran warga Gampong Sido Muliyo,” ungkapnya.[tmi]


Kirim Komentar